EFEKTIVITAS PEMUPUKAN DAUN TERHADAP HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescen L)

Masrur Muzadi, Choirul Anam, Ana Amiroh

Abstract


Cabai rawit (Capsicum frutescen L.) banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia selain karena manfaatnya bagi kesehatan juga karena cabai rawit  memiliki harga jual yang cukup tinggi. Perkembangan tanaman  cabai yang baik perlu didukung dengan penambahan unsur hara melalui pemupukan. Pemberian unsur hara selain diberikan lewat tanah umumnya diberikan lewat daun. Kebutuhan tanaman akan unsur hara akan terpenuhi dengan pemberian hara makro. Namun, biasanya unsur hara makro yang diberikan tidak dapat memenuhi kebutuhan hara mikro untuk pertumbuhan dan hasil tanaman. Penelitian mengunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial, yang terdiri dari 2 faktor dan setiap factor terdiri dari 3 level yang diulang 3 kali ulangan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : benih cabai rawit varietas Chakra Putih, pupuk gandapan sublime, pupuk mikro java green, pupuk NPK, pestisi untuk pengendalian hama dan penyakit. Sedangkan alat yang digunakan adalah : cangkul, pisau, timbangan, meteran, sprayer, timba, gunting, papannama, jangkasorong, alat-alat tulis penunjang lainnya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pemupukan lewat daun sangat efektif terhadap produksi Cabai rawit (Capsicum frutescen L.). Kombinasi perlakuan terbaik terdapat pada pemberian pupuk daun gandapan sublime dengan dosis 4 kg/ha dan pupuk mikro java green dengan dosis 4 kg/ha (S2M2) dengan rerata jumlah buah per sampel yaitu 57,47 buah dan rerata berat buah cabai per sampel yaitu 59,53 gram.


Keywords


Cabai Rawit & Pupuk Daun

Full Text:

PDF

References


Engelstad. 2007. Pupuk dan Cara Pemupukan. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta.

Puwanto.2007. Cabai Rawit Jenis dan Budaya. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugih, J., C. Hyunseok, M. Morley, and W. Walter. 2005. An empirical approach to modeling inter-as traffic matrices. IMC.

Sumekto, R. 2006. Pupuk Daun. Citra Aji Parama. Yogyakarta

Surtinah. 2006. Peran Plant Catalyst 2006 dalam Meningkatkan Produksi Sawi (Brassica junice L.). Jurnal Ilmiah Pertanin 3 (1):6-16.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats