METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK UNTUK MENDETEKSI JENIS SAYUR MENGGUNAKAN TENSORFLOW

Rizky Abdul Malik, Eri Zuliarso

Abstract


Sayuran merupakan bahan pangan yang sering dikonsumsi masyarakat, dengan berbagai macam bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda, masih banyak masyarakat yang sulit membedakan nama sayuran yang dimiliki karena memiliki tingkatan kemiripan yang tinggi oleh karena itu dibutuhkan bantuan digital untuk dapat membedakan setiap karakteristik yang dimiliki tanaman tersebut. Sayuran yang digunakan dalam penelitian adalah : bayam, brokoli, buncis, kale, kangkung, daun kates, kubis, pare, peterseli, sawi, seledri, daun singkong, terong, timun, tomat, dan wortel, dataset yang digunakan memiliki 16 jenis sayuran dan berjumlah 2400 gambar sayur. Algoritma Convolutional Neural Network (CNN) digunakan untuk klasifikasi jenis sayuran, yang berlaku dalam bidang ilmu Machine Learning. CNN adalah algoritma termasuk dalam bagian metode Deep Learning yang memiliki kemampuan baik dalam Computer Vision seperti image classification. penelitian ini menggunakan perangkat seluler android sebagai tempat untuk uji coba, bahasa yang digunakan adalah python dimana berguna untuk merancang aplikasi mobile ini dengan model tensorflow untuk training dan testing data. Pada penelitian ini kami mengklasifikasi citra menggunakan metode CNN dengan jumlah akurasi sebesar 85%.


Keywords


Convolutional Neural Network (CNN), deteksi sayur, Tensorflow, TFLite, Mechine Learning.

Full Text:

PDF

References


Rima, A.D., Hendro, F.J.L., Stephanie, L.P. (2019). Sistem Identifikasi Nominal Uang Logam Menggunakan Tensorflow Dan Convolutional Neural Network Berbasis Rasberry PI, Kupang : Seminar Nasional Sains Dan Teknik FST Undana (SAINTEK).

Yunita, A.H., Widya, S. (2018). Implementasi Deep Learning Mneggunakan Framework Tensorflow Dengan Metode Faster Regional Convolutional Neural Network Untuk Pendeteksian Jerawat, Depok : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.

Christopher, A.L., Rudym A., Alvin, T. (2019). Pengenalan Aksara Jawa Dengan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network, Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Samuel, F.T., Djoni, H.S., Indar, S. (2020). Klasifikasi Motif Batik Menggunakan Metode Deep Convolutional Neural Network Dengan Data Augmentation, Surabaya: Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra.

Syarifah, R.D. (2018). Deep Learing Object Detection Pada Video Menggunakan Tensorflow Dan Convolutional Neural Network, Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Muhammad, A., Bheta, A.W., Dina, A. (2020). Face Recognition Untuk Akses Pegawai Bank Menggunakan Deep Learning Dengan Metode CNN, Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi – Vol 06 No. 01 (2020) 055-063.

Triano, N. (2018) Implementasi Deep Learning Untuk Image Classifiation Mengunakan Algoritma Covolutional Neural Network (CNN) Pada Citra Wayang Golek, Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Tutut, F.K. (2018). Implementasi Convolution Neural Network (CNN) Untuk Klasifikasi Jamur Konsumsi Di Indonesia Menggunakan Keras, Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i12.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats