ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PELABUHAN PENYEBERANGAN LEMBAR DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Yuliani Budi Permata Sari, Hermanto Hermanto, Suryawan Murtiadi

Abstract


Pelabuhan Penyeberangan Lembar terletak di Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Lombok melalui jalur laut selain Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur. Pelabuhan ini tepatnya terletak di Desa Labuhan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 30 km dari Kota Mataram. Pelabuhan Penyeberangan Lembar melayani penyeberangan kapal penumpang (kapal Ferry) dan kapal barang dari wilayah barat dan utara Pulau Lombok, seperti Bali dan Makassar (kapal Pelni). Pelabuhan ini memiliki tiga dermaga, dimana dua dermaga adalah dermaga kapal penumpang dan satu dermaga adalah dermaga kapal barang. Pelabuhan ini dilengkapi loket tiket 24 jam, fasilitas Musholla, ruang tunggu, meeting point penumpang, area parkir dan terdapat area tunggu yang luas untuk kendaraan yang menyeberang. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Pelabuhan Penyeberangan Lembar ini mulai dari kurang maksimalnya pemanfaatan dermaga, jadwal keberangkatan yang terlalu lama serta sarana dan prasarana pelabuhan, perlu adanya kajian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar dalam membangun kinerja dan kualitas pelayanan yang diukur dengan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Lembar di Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki prioritas tertinggi dengan nilai bobot sebesar 0,5994 dan kinerja pelayanan dengan nilai bobot sebesar 0,4006. Kesimpulannya, kualitas pelayanan sangat mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan

Keywords


Tingkat Kepuasan, Pelayanan, Pelabuhan Lembar & AHP

Full Text:

PDF

References


Sinulingga, B. D. (2005). Pembangunan Kota. Tinjauan Regional dan Lokal. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Hal. 158. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Edisi Revisi, Jilid 1. Penerbit: PT. Prenhallindo. Jakarta.

Zethaml, V. A., A. Parasuraman, and L.L. Berry (1998). SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Meansuring Consumer Perseption of Service Quality. Jurnal of Retailing. Hal. 64.

Panayides, Photis M., dan Song, Dong–Wook (2006). Supply Chain Orientation and Port Performance, IAME. University of Hongkong.

Tongzon., J. L. (2004). Determinant of Competitiveness in Logistics: Implication for the Region. International Conference on Competitiveness: Challenges and Opportunity for Asian Countries.

Tongzon, J. L. (2002). The Economies of Southeast Asia, Second Edition (Before and After Erisis). Cheltenham Glos: Edward Elgar.

Saaty, T. L. (1993). The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pittsburgh: University of Pittsburgh Pers.

Saaty, T. L.dan Vargas, L. G. (2006). Decision Making with The Analytic Network Process Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Cost and Risk. Pittsburgh: Springer.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats