EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF EXCEL SIKLUS AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SELF-EFFICACY MAHASISWA

Ihsan Ihsan, Musniasih Yuniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif siklus akuntansi berbasis excel dan menguji keefektifannya terhadap peningkatan hasil belajar ditinjau dari self-efficacy mahasiswa.  Metode research & development menggunakan model ADDIE dengan desain uji lapangan quasi eksperimen faktorial 2×2 pretest-posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) media pembelajaran interaktif berbasis excel yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siklus akuntansi pada matakuliah pengantar akuntansi berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan respon mahasiswa dengan total rata-rata 89% kriteria sangat baik. (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan menggunakan produk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis excel dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan media konvensional. (3) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy tinggi lebih baik dengan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy rendah. (4) pada level self-efficacy yang sama-sama tinggi ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan menerapkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis excel lebih baik dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan media konvensional. (5) pada level self-efficacy yang sama-sama rendah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan menerapkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis excel lebih baik dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan media konvensional.

Keywords


Efektifitas Pengembangan, Media Interaktif, Excel, Self-Efficacy & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustinawati, S. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Microsoft Excel Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangmangu. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Volume 11 No 1 - Februari 2014 - ijns.org

Alwisol. 2007. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anderson, L.W. & Krathwolh, D.K. (Eds.). 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggri, A.R. 2013. Efektivitas Media Software Excel Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kertas Kerja Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Fakultas Ekonomi. http://lib.unnes. ac.id/17611/1/7101409090.pdf. diakses tanggal 19 Juni 2020.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bandura, Albert. 2005. Theories of Personality. sixt edition. Social Cognitive Theory. New York: The Mc Graw-Hill companies.

Bandura, Albert. 1997. Social Learning Theory. New Jersey: Englewood Cliffs Prentice Hall.

Bandura, Albert. 1991. Self Efficacy Mechanism in Psychological and Health-Promoting Behavior. New Jersey: Englewood Cliffs Prentice Hall.

Bandura, Albert and Schunk, Dale.H. 1981. Cultivating Competence, self efficacy and Intrinsic Interest Though Proximal Self Motivation. Journal of Personality and Social Psychology Vol. 41 No. 3. Halaman 586-598.

Cozby, Paul C. 2009. Methods in Behavioral Research. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fibriani, L., M. Damris dan Risnita. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Jurnal Edu-Sains 3(1):1-5.

Kerlinger, F.N. 2003. Fundation Behavior Research. (Terjamahan oleh Simatupang, L.R. & Koesoemanto, H.J.). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mulyataningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Prawradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan.Jakarta:

Prenada Media.

Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Semadiartha, IKS. 2012. Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B., Ninam, L., & Satria, K. 2010. Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing.

Utsman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Perss.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats