PENGARUH SUMBER MATERIAL AGREGAT HALUS SEBAGAI BAHAN CAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL

Sudirman Latjemma

Abstract


Sebagaima diketahui bahwa pasir laut banyak memiliki bentuk struktur butiran yang sangat halus, sehingga jika butiran pasir laut disatukan dalam adukan semen tidak akan kuat, dan jika tetap dipaksakan maka ikatan tersebut akan lebih mudah untuk terlepas. Untuk memperoleh mutu beton yang baik dan memenuhi persyaratan, maka pelu memperhatikan cara-cara dalam pembuatan beton agar dapat  menghasilkan mutu beton, sesuai dengan yang direncanakan

Penelitian dilakukan  pada campuran beton normal, menggunakan agregat kasar yang sama, pada 3 vareasi komposisi campuran agregat halus dari sumber material yang berbeda, yaitu 100% Ex. pasir laut, Desa Lakea. 100% Ex. pasir laut, Desa Busak, dan 100% Ex.pasir sungai Desa Balau. Untuk mengetahui pengaruh agregat halus terhadap kuat tekan beton normal dari sumber material yang berbeda maka dibuat benda uji sebanyak 24 buah, untuk setiap vareasi komposisi pada campuran agregat halusnya. Hasil penelitian dan pemeriksaan kadar lumpur menunjukan bahwa Ex.PL Desa Busak memiliki kandungan lumpur 16,7%, Ex.PL.Desa Busak 4,40% dan Ex.pasir Sungai.Desa Balau 3,90%. Sehingga kadar lumpur yang terdapat pada Ex. pasir laut.Desa Busak melebihi batas 5%. Pada hari ke-7. Ex.PL.Desa Busak menghasilkan nilai mutu tertinggi sebesar 29,113 Mpa, dan untuk   Ex.PL.Desa Lakea sebesar 28,823 Mpa, memiliki perbedaan 1,01% dan  Ex.Pasir Sungai .Desa Balau 20,118 Mpa, memiliki perbedaan 44,71% dengan Ex. pasir laut.Desa Busak. Pada hari ke-28. Ex.pasir laut.Desa Lakea menghasilkan penurunan 25,902 Mpa,dan  Ex.PL.Desa Busak 22,884 Mpa,  yang juga mengalami penurunan,berbeda dengan Ex. pasir sungai Desa Balau, 21,627 Mpa,  yang mengalami kenaikan pada umur ke-28.


Keywords


Pasir, Batu Pecah & Kuat Tekan

Full Text:

PDF

References


Dewi Pertiwi¹, Boedi Wibowo², Endang Kasiati², Triaswati², Ari Gandhi Sabban² (2011), perbandingan penggunaan pasir lumajang dengan pasir gunung merapi terhadap kuat tekan beton.

Mulyono, T., 2006, Teknologi Beton, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Murdock, L.J,Brook K.M., Stephanus Hindarko.,1999, Bahan dan Praktek Beton(4th edition), Erlangga, Jakarta.

Nawy, Edward G. 1999. Beton bertulang. Bandung : PT.eresco

Samekto, Wuryati & Rahmadiyanto, Candra. (2011). Teknologo beton. Yogyakarta: Kanisius

Siti Aisyah Sari,Titik Penta Artiningsih,Heny Purnawati melakukan penelitian tentang “Perbandingan pengaruh beberapa jenis pasir terhadap kuat tekan,kuat lentur tarik belah beton.

Tjokrodimulyo, K., 2000, PengujianMekanik Laboratorium Beton Pasca Bakar, Yogyakarta: Nafri.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats