MENAKAR KESUKSESAN APLIKASI LAYANAN SIPKD DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BULELENG

Luh Ernayani, Gede Sri Darma

Abstract


Aplikasi layanan SIPKD merupakan aplikasi yang memudahkan dalam melakukan input data. Sebagai perkembangan teknologi informasi aplikasi ini memudahkan dalam pelaporan keuangan negara. Melalui aplikasi dapat merespon disrupsi teknolgi sehingga tidak kesulitan dalam membuat pelaporan mulai perencanaan, implementasi dan evaluasi.  Jenis penelitian menggunakan data kualitatif. Metode penelitian kualitatif memiliki dasar deskriptif guna memahami suatu fenomena dengan lebih mendalam. Penelitian kualitatif menggunakan landasan teori sebagai panduan untuk memfokuskan penelitian, serta menonjolkan proses dan makna yang terdapat dalam fenomena tersebut. Adapun informan dalam penelitian berjumlah 5 informan. Data bersumber dari hasil wawancara mendalam di Sekretariat DPRD Kabupaten Buleleng.  Hasil penelitian ini bahwa aplikasi layanan SIKPD sangat membantu dalam pelaporan keuangan negara, namun masih terdapat hambatan dalam pengoperasian layanan ini dikarenakan, kendala sinyal, kemudian SDM yang masih perlu pelatihan untuk meningkatkan kemahiran dalam menerapkan aplikasi ini. Masih perlu pelatihan dalam menggunakan aplikasi ini. Selain itu pula peran dan dukungan pemerintah dan anggota dalam melakukan input data harus displin sehingga tidak ada yang tidak tercatat. Kesimpulan hasil wawancara bahwa penerapan yang dilakukan sesuai harapan, dan ketepatan laporan di kumpul tepat waktu walaupun SDM belum maksimal menggunakan aplikasi dalam melakukan input data. Sehingga direkomendasi untuk dilakukan pelatihan mengenai penggunakan aplikasi layanan SIPKD

Keywords


Aplikasi,SIPKD, Pelaporan, Menakar & Teknologi

Full Text:

PDF

References


BPK – RI. 2013, Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I, Buku II Pemeriksaan Laporan Keuangan.

BPK - RI. 2014. LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2013 pada Pemerintah Kabupaten Buleleng, Nomor : 01.A/LHP/XIX.DPS/05/2014, Tanggal 28 Mei 2014.

Chen, Y-K., Chen, Y-J., Chiu, F-R., Wang, C-Y. (2015). “Towards Successful Cloud Ordering Service”, Business Systems Research, Vol. 6, No.1

Chin, W. 1998. The Partial Least Squares Approach for Structural EquationModelling. In Marcoulides, G. A. (Ed). Modern Method for BusinessResearch.

Mahwah. NJ. Erlbaum. DeLone, William. H and McLean, Ephraim.R. 2003.“The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update”, Journal of management Information Systems, vol. 19 (4).

DeLone, William.H and McLean, Ephraim.R. 1992. Information systems success: The quest for the dependent variable.Information Systems Research,3,1.

Dewi, Putu Ayu Ratna dan Mimba, Ni Putu Sri Harta. 2014. Pengaruh Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Pada Kualitas Laporan Keuangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 8.3(2014):442-457. Tersedia di Tersedia di http://id.wikipedia.org/wiki/ Sistem_informasi_manajemen [diunduh Rabu, 29 April 2015].

Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrayani, Etin. 2011. Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/5.pdf . [diunduh Kamis, 30 April 2015).

Lumbantobing, J. 2015. Evaluasi Kualitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah. Vol 10. No. 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/goodwill/article/view/8449. 7 Februari 2018.

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Siti, M. 2015. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis Akrual Dalam Penyajian Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Jember. Fakultas Ekonomi.

Universitas Jember.Vol 2, No 1 (2015). repository.unmuhjember.ac.id/1473/1/JURNAL.pdf.7 Februari 2018. Sutarman. 2017. Pengantar Teknologi Informasi. PT.Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats