IMPLEMENTASI MEDIA FILM ANIMASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN VISUAL-SPATIAL INTELEGENCE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pane, A. 2017, Belajar dan Pembelajaran, Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. No.3, Vol. 2, 333-352.
Tadzkirah. 2020, Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spatial Anak di Taman Kanak-Kanak IT Nurul Fikri Makasar. Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. No. 1, Vol. 6, 1-7.
Rahayu, Tri W dan Kristiyantoro, Agus. 2011, Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik melalui Media Film Animasi. Jurnal Media. No. 1,Vol. 1, 10-16.
Purnomo, B. E. 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS , Konsep dan Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
Sayono. 2013. Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya. No. 1, Vol. 7, 9-17.
Purnamasari, Iin dan Wasino. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Paramita Historical Studies Journal. No. 2 Vol. 21, 202-212.
Matitaputty, Jenny K. 2011. Model Pembelajaran Isu-Isu Kontoversial Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sosio Didaktika. No. 3, Vol. 2, 184-192.
Pakpahan, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Khairani, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajarn dalam Bentuk Macromedia Flash Meteri Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, No. 02, Vol. 10, 95-102.
Rahayu, Tri Winarti dan Kristiyantoro Agus. 2011. Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik melalui Media Film Animasi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, No. 1, Vo. 2, 10-16.
Pebriana, I.G.A., dkk. 2015. Pengembangan Media Film Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Banjar. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, No. 5, Vol. 3, 290-298.
Rahmayanti, dkk. 2021. Pendidikan Karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. Kembara, Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. No. 1, Vol.7, 157-172.
Ariyati, Sri dan Misriati, Titi. 2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. No. 1, Vol. 2, 116-121.
Shiddiq, Jamaluddin. 2021. Kaligrafi Kufi dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spatial. Jurnal Qolamuna, No. 2, Vol. 6, 277-290.
Fasrita, dkk. 2020. Evektifitas Kegiatan Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok TK B di PAUD Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. No. 1, Vol. 1, 1-16.
Laily, dkk. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabaya. Primary, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. No. 2, Vol. 9, 213-227.
Wardani. I.G. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statcounter View My Stats