IMPLEMENTASI MEDIA FILM ANIMASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN VISUAL-SPATIAL INTELEGENCE

Wafiyatu Maslahah, Lailatul Rofiah, Rifky Maulana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan visual-spatial intelegence siswa dalam implementasi media Film Animasi pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas X SMK Islam Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Jenis penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penerapan media ini dilaksanakan melalui pembelajaran secara daring (online) melalui Google Classroom. Subjek penelitian yakni siswa kelas X TKR SMK Islam Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket visual-spatial intelegence. Hasil dari implementasi  media Film Animasi dapat meningkatkan visual-spatial intelegence siswa. Proses implementasi media Film Animasi ini diawali dengan mengarahkan siswa untuk membuka link Youtube untuk disimak dan difahami. Selanjutnya siswa diarahkan untuk mengisi angket visual-spatial intelegence yang telah dibuatkan oleh peneliti pada Google Form yang telah dibagikan pada Google Classroom. Langkah-langkah pembelajaran dengan implementasi media Film Animasi yakni tahap perencanaan, melaksanakan proses pembelajaran secara daring (online), melaksanakan pembagian angket visual-spatial intelegence. Pada siklus 1 terjadi peningkatan, nilai angket pada siklus I rata-rata skor angket sebelum diimplementasikan  yakni 98 sedangkan setelah implementasi diperoleh skor 116. Siklus II rata-rata skor angket sebelum diimplementasikan yakni 124 sedangkan setelah dimplementasikan media Film Animasi yakni 138. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan visual-spatial intelegence siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia setelah diimplementasikan media Film Animasi.

Keywords


Media Film Animasi, Pembelajaran Sejarah Indonesia & Visual-Spatial Intelegence

Full Text:

PDF

References


Pane, A. 2017, Belajar dan Pembelajaran, Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. No.3, Vol. 2, 333-352.

Tadzkirah. 2020, Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spatial Anak di Taman Kanak-Kanak IT Nurul Fikri Makasar. Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. No. 1, Vol. 6, 1-7.

Rahayu, Tri W dan Kristiyantoro, Agus. 2011, Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik melalui Media Film Animasi. Jurnal Media. No. 1,Vol. 1, 10-16.

Purnomo, B. E. 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS , Konsep dan Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

Sayono. 2013. Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya. No. 1, Vol. 7, 9-17.

Purnamasari, Iin dan Wasino. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Paramita Historical Studies Journal. No. 2 Vol. 21, 202-212.

Matitaputty, Jenny K. 2011. Model Pembelajaran Isu-Isu Kontoversial Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sosio Didaktika. No. 3, Vol. 2, 184-192.

Pakpahan, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Khairani, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajarn dalam Bentuk Macromedia Flash Meteri Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, No. 02, Vol. 10, 95-102.

Rahayu, Tri Winarti dan Kristiyantoro Agus. 2011. Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik melalui Media Film Animasi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, No. 1, Vo. 2, 10-16.

Pebriana, I.G.A., dkk. 2015. Pengembangan Media Film Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Banjar. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, No. 5, Vol. 3, 290-298.

Rahmayanti, dkk. 2021. Pendidikan Karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. Kembara, Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. No. 1, Vol.7, 157-172.

Ariyati, Sri dan Misriati, Titi. 2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. No. 1, Vol. 2, 116-121.

Shiddiq, Jamaluddin. 2021. Kaligrafi Kufi dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spatial. Jurnal Qolamuna, No. 2, Vol. 6, 277-290.

Fasrita, dkk. 2020. Evektifitas Kegiatan Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok TK B di PAUD Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. No. 1, Vol. 1, 1-16.

Laily, dkk. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabaya. Primary, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. No. 2, Vol. 9, 213-227.

Wardani. I.G. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Statcounter View My Stats