SOSIALISASI PENGUATAN POLECY AND PROSEDURE DI HOTEL LOMBOK RAYA

I Ketut Purwata

Abstract


Memberikan pelayanan prima (Service Excellence) kepada tamu atau pelanggan di industri Hospitality (hotel) merupakan harapan dari semua management hotel. Untuk itu pengelola hotel menciptakan suatu ketentuan (House Rule) atau kebijakan (Polecy), guna melaksanakan ketentuan-ketentuan paling mendasar dalam memberikan fasilitas dan pelayanan berupa procedure-prosedure dan syarat-syarata kerja, demikian pula dengan management di Hotel Lombok Raya.

Akan tetapi walaupun Polecy And Prosedure yang telah ada dan telah dituang dalam ketentuan dan syarat-syarat tertulis (Operational Book), namun dalam kenyataannya masih ditemukan adanya penyimpangan dan ketidak sesuaian dengan harapan pelanggan. Penyimpangan terhadap harapan pelanggan ini (ansatisfaction) merupakan suatu preseden yang buruk untuk keberlangsungan usaha. Oleh karena itu management perlu melakukan langkah langkah strategis guna melakukan penguatan terhadap policy and procedure, berupa penerapan dan pemahaman lebih mendalam terhadap house rule, job description dan standard operating procedure (SOP) perusahaan, dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan. Proses sosialisasi dan pelatihan akan menggunakan bahan atau materi dari Polecy and procedure yang sudah ada dihotel Lombok raya kemudian metode penyampaian dengan melakukan pretest , penyluhan, pos test, rollplay, praktik, evaluasi (pengamatan) dan pelaporan, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengabdian

Keywords


Sosialisasi, Polecy And Prosedure, Penguatan.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Pariwisata No 10 tahun 2010

Yuliana Agung, Handbook Service Excellence “Yes, I Can Serve”, dalam majalah Service Excellence, edisi Oktober 2015.

Budi Susanto, Jurnal Ilmiah Hospitality, Volume 1 Nomor 1, Januari 2011

Hina Khan, Implementing service excellence in higher education, New Castle Busines School Northumbria University Newcastle Upon Birmingham. 2009.

Bagus Ngurah I Gusti, 2002, Masalah Budaya Dan Pariwisata Dalam Pembangunan , Kajian Budaya Universitas Udayana.

Pendit, Nyoman S, 2002, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Edisi terbaru dengan perbaikan –perbaikan, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Wariyanta, Drs, M Hum, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta, Penerbit Andi

Pitana I Gde, Surya Diarta I Ketut, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Management Hotel Lombok Raya, Operation Book, 2015

Pendit, Tata Sudarta, 2004, Psychology of Service, Sebuah Pengantar dalam Memberikan Pelayanan secara Paripurna, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i12.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats