MENYIGI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PADA ERA PANDEMI

Ni Ketut Siya Darmini, A.A.N. Oka Suryadinatha Gorda

Abstract


Pelayanan kesehatan menjadi sorotan yang utama dalam menghadapi pandemic ini teruma memasukki era nnew normal. Penelitian iini bertujuan untuk  dapat menyigi kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas pada era pandemic. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif deskriptif  yang menggambarkan tentang kepuasan kualitas layanan rumah sakit dan citra Rumah sakit. Tehnik sumber data yang digunakan adalah tehnik wawancara dengan beberapa informan yaitu informan kunci dan informan pendukung.  Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan konsep SERVQUAL, pelayanan di Puskesmas Gerokgak II, Puskesmas Buleleng I serta Puskesmas Tejakula II menyebutkan saat pandemi sudah tergolong berkualitas dan sudah seuai dengan SOP yang berlaku. Faktor-faktor yang mempengaruhi  kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di era pandemic ini yaitu keurangnya SDM, terbatasnya kesediaan sarana dan prasarana masih belum optimal pemahaman masyarakat terhadap protol kesehatan. upaya yang dilakukan oleh masing-masing puskesma untuk mengurangi kendala yang dihadapi oleh Puskesmas dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas di era pandemi, maka dapat dilakukan dengan upaya koordinasi dan komunikasi kepada stakeholders terkait seperti BKPSDM untuk dapat memenuhi kebutuhan SDM, harus ada perencanaan yang berproyeksi kepada pemenuhan kebutuhan bersifat urgensi serta perlunya penerapan regulasi Protokol Kesehatan di era pandemi agar masyarakat lebih memahami perubahan pola pelayanan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.


Keywords


Kualitas Layanan Kesehatan, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Agung, Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Anis, Ansyori. 2019. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pasien rawat inap Di rumah sakit (Studi di Rumah Sakit Panti Nirmala dan Rumah Sakit Militer di Malang). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti Vol 7 no 2 tahun 2019

Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar- ruzz Media

Bilson, Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ekasari, Ratna, dkk. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. ISSN: 2549-4171. Universitas Ma’arif Hasyim Latif, Sidoarjo, Jawa Timur.

Fahmi Rezha, Siti Rochmah, Siswidiyanto. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat(Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik (JAP),2017 Vol 1, No.5, Hal. 981-990

Harfika, J., dan Abdullah, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.

Hansen, Don Ra and Maryanne M. Mowen. (2007). Managerial Accounting 8th Edition. Ohio (USA): Thomson South-Western.

Lumbanraja, A. D. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law & Governance Journal, 3(2), 220-231.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat

Maslow, Abraham H. (2010). Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sinambela. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sutopo, Aries Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha. Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

William dan Tiurniari Purba. 2020. Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA Vol.8 No.1 Februari 2020, Hal. 1987-1996




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i2.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats