POTENSI KULINER LOKAL DALAM MENUNJANG CULLINARY TOURISM DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

I Wayan Suteja

Abstract


Penelitian ini membahas tentang potensi kuliner lokal dalam kegiatan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, dengan menjawab rumusan masalah tentang “potensi kuliner lokal dalam penunjang kegiatan cullinarry tourism di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika”. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa KEK Mandalika didukung oleh beragam potensi kuliner lokal yang memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai penunjang kegiatan wisata kuliner. Beberapa jenis kuliner lokal juga sudah sangat populer dalam pariwisata diantaranya ayam taliwang, bebalung, urap-urap, plecing kangkung dan beberuk. Tetapi, jika dibandingkan dengan pesona dari potensi alam, kuliner belum menjadi sebuah ikon yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Pada saat ini upaya strategis perlu ditingkatkan agar kuliner mampu mewakili keragaman budaya yang menjadi representasi KEK Mandalika sebagai sebuah destinasi

Keywords


Potensi, Kuliner Lokal, Wisata Kuliner, Mandalika Lombok

Full Text:

PDF

References


Disparda Provinsi NTB. 2016. Direktori Data Usaha Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Delgado, A., Vargas, E.E., Montes, J.M., & Rodriguez-Torres, F. (2016). Innovation in tourism companies, where are they and where are they going? An approach to the state of knowledge. Intangible Capital, Vol, 12 No . 4. 1088-1155.

Harvey, Ena. 2012. Management Coordinator- Caribbean & Agrotourism Specialist. 13th Annual Caribbean Confrence on Sustainable Tourism Development.

Kusmayadi. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Daerah No.7. Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2011-2031.

Peraturan Daerah No.9. Tahun 1989 Tentang Penetapan 15 Kawasan Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 52 Tahun 2014 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus.

Pitana, I Gede dan I Ketut Surya Diartha. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi: Yogyakarta.

Pitanatri, Putu Diah Sastri. 2016. Inovasi Dalam Kompetisi: Usaha Kuliner Lokal Menciptakan Keunggulan Kompetitif di Ubud. Jumpa. Vol.2, Juli 2016.

Putri, I.A. Eka Trisna, A. Sri Sulistyawati, F.Suarka dan N.M. Ariani. 2012. Pengembangan Makanan Khas Bali Sebagai Wisata Kuliner (Culinary Tourism) Di Desa Sebatu Kecamatan Tegalalang Gianyar. Udayana Mengabdi Vol 12 No.1: Oktober 2012.

Redl, Sabrina. 2013. Culinary Tourism for Young Adult Travellers and its connection to Destination Management. Thesis: Viena University.

Suwantoro. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i12.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats