APLIKASI REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE BIRESPON PADA DATA KUALITAS AIR DI DAS MAHAKAM

Febriana Rinda Sihotang, Sifriyani Sifriyani, Surya Prangga

Abstract


Regresi nonparametrik birespon dengan estimasi spline merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan jika bentuk kurva regresi tidak diketahui dan terdapat dua variabel respon. Spline merupakan potongan-potongan polinomial yang mempunyai sifat tersegmen kontinu. Pada penelitian ini dilakukan indentifikasi faktor yang mempengaruhi kualitas air Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam, perameter kualitas air sungai yang digunakan dalam penelitian ini adalah Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD). BOD menggambarkan banyaknya oksigen yang dibutuhkan organisme untuk mengoksidasi bahan organik karbon yang terkandung sedangkan COD menggambarkan bahan organik mudah teurai maupun sukar terurai. Pengaruh BOD dan COD dalam air sungai dapat menurunkan jumlah oksigen dalam perairan karena terlalu banyak kandungan organik sehingga menyebabkan ekosistem perairan terganggu. Penelitian ini menggunakan 4 faktor yang diduga mempengaruhi BOD dan COD yaitu Total Suspended Solid (TSS), pH, suhu air, dan Dissolved Oxygen (DO). Dari hasil pembahasan dan analisis didapatkan bentuk estimasi model spline dalam regresi nonparametrik birespon terbaik dengan menggunakan kriterian nilai Generalized Cross Validation (GCV) minimum dan nilai   maksimum. Model spline terbaik yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model spline dengan 3 titik knot dengan nilai GCV minimum sebesar 0,0612 dan nilai   sebesar 94,9944%.

Keywords


Birespon, BOD, COD, Regresi Nonparametrik, Spline, Titik Knot

Full Text:

PDF

References


Draper, N. Smith, H. (1992). Applied Regression Analysis. Second Edition. New York: John Wiley & Sons.

Budiantara, I.N. (2005). Model Spline Multivariabel Dalam Regresi Nonparametrik, Makalah Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA. ITS. Surabaya.

Islamiyati, Anna. 2017. Spline Polynomial Truncated dalam Regresi Nonparametrik. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi. Vol. 14, No.1, 54-60, Juli 2017. E-ISSN: 2614-8811. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas. Vol. 23, No.1, Maret 2019 ISSN 1410-1920.

Similia,T. Dan Tikka, J. 2007. Input Selection and Shrinkage in Multiresponse Linear Regression : Preprint Submitted to Elsevier

Oktaviana, Dhina. 2011. Regresi Spline Birespon Untuk Memodelkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus. ITS- paper- 13021120000202.

Wahba, G. 1990. Spline Models for Observation Data. SIAM. Philadelphia. CBMSNSF Regional Conference Series in Applied Mathematics. Vol. 59.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats