IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ‘THENEWEST INTERNATIONAL SYSTEM” PADA MAHASISWA PROGRAM STRATA SATU (S1) SEKOLAH TINGGI PARIWISATAMATARAM
Primus Gadu, Mahsun Mahsun
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat sering digunakan oleh berbagai penutur dari latar belakang bahasa yang berbeda. Dengan demikian keterampilan berbicara atau berkomunikasi lisan (oral communication skill) dalam bahasa Inggris merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang terutama di era globalisasi seperti sekarang ini. Berbagai pendekatan pemerolehan atau pembelajaran bahasa Inggris muncul dengan ragam permasalahan dan tujuan yang berbeda yang tentunya disesuaikan dengan kedudukan bahasa yang diperoleh pada suatu komunintas. Pemerolehan dan pembinaan bahasa Inggris, khususnya di Indonesia yang menempatkannya sebagai bahasa asing, pendekatannya sering diubah seiring dengan perubahan kurikulum yang menjadi standar kompetensi nasional. Namun demikian hal tersebut belum menunjukkan keberhasilan yang signifikan sebab masih banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang menempuh pendidikan baik formal maupun nonformal belum mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Di era kompetisi global ketenagakerjaan sektor pariwisata sekarang ini peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang terampil dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sangat perlu dikembangkan. Dengan demikian, penelitian tentang Peningkatan Keterampilan berbicara melalui penerapan Model Pembelajaran “The Newest International System”Bahasa Inggris Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram tahun akademik 2017/2018 sangat urgen dilakukan dengan tujuan untukmemberikan penguatan kemampuan dan keterampilan berbicara/berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris mahasiswa. Selanjutnya, data didapatkan dari observasi dan kemudian dipadukan dengan hasil tes mahasiswa keterampilan berbicara menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Merujuk pada hasil penelitian maka model pembelajaran “The Newest International System” berbasis Aktif, Interaktif, Atraktif, Efektif, dan Komunikatif maka dapat direkomendaikan sebagai model pembelajaran Bahasa Inggris efektif sebagai upaya mendorong peningkatan keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa
Keywords
Kemampuan berbicara, model pembelajaran “The Newest International System”,Bahasa Inggris pariwisata
Disparda Provinsi NTB. 2016. Direktori Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Dashwood, A. 2005. “Alternatives to Questioning: Teacher Role in Classroom Discussion” Volume 7: ASIAN Journal.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Harsono, B. 2006. The Introduction to The Newest International System. Jakarta: Oxford Course Indonesia.
Pratiwi Yudha Eka Ayu Ida. 2012. Keterampilan Berbicara Dengan Metode Debat Plus dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada siswa Kelas XI IPA SMA Pariwisata Kertawisata Denpasar.Thesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana. Denpasar Bali
Sirin Nunn. R. 2005. “Competence and Teaching English as An International Language” Volume 7: ASIAN EFL Journal.
Widiputera, 2014. Model-Model Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Inovatif Untuk Anak Usia Dini.Puslitjaknov, Balitbang, Kemdiknas.
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com