PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BIOGRAFI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNGPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 9 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis Biografidan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII F SMPN 9 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 melalui pembelajaran menggunakan Pembelajaran Langsung.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelasVIII FSMP Negeri 9 Mataram, Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemempuan peserta didik menulis Biografidan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didikkelasVIII FSMP Negeri 9 Mataram Semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dengan menggunakan Langsung dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah, rata-rata pada siklus I,72,34 dengan ketuntasan klasikal 32,3 % dan 74,97 dengan capaian klasikal 51,28 meningkat menjadi rata-rata 80,40 dengan ketuntasan klasikal 80,65% untuk kemampuan munulis biograsi, dan hasil belajar rata-ra mencapai 80,1 dengan capaian klasikal 87,10 pada siklus II., capaian kemampuan menulis Biografi dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 9 Mataram sebesar 75. Meningkatnya kemampuan Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran Langsung hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,15, menjadi 4,1 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
rif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.
Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana. (2000).Penilaian Hasi lProses Belajar Mengajar. Bandung:PT.Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.
Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran Langsung
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i1.139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats