IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) BERBANTU APLIKASI EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Penggunaan internet saat ini sudah tidak asing digunakan dalam berbagai kegiatan, termasuk dalam dunia pendidikan.Internet dinilai dapat memberikan kemudahan dan kemampuan masif dalam penyajian materi serta mampu menawarkan perolehan informasi secara cepat.Internet sebagai sumber belajar merupakan salah satu strategi belajar yang menjadikan kelas tidak terpaku pada kelas konvensional dan dapat dijadikan sebagai inovasi sumber belajar dari sumber belajar yang telah ada. Strategi belajar yang telah diatur sedemikian rupa agar terjadi pembelajaran yang baik dan juga menyenangkan dan menyesuaikan dengan tuntutan jaman agar proses pembelajaran dan pengetahuan terus berkembang. Menghadapi pembelajaran daring yang sangat panjang waktunya, sudah dilaksanakan lebih dari 6 bulan, maka perlu inovasi guru dalam penyelenggaraannya. Kondisi siswa yang belajar dari rumah dengan belajar secara tatap muka pastinya memiliki perbedaan. Dari hasil observasi yang dilakukan, permasalahan yang sering terjadi adalah siswa sering tidak melaksanakan pembelajaran maupun pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru. Kemudian untuk proses penilaian pembelajaran juga membutuhkan inovasi agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dapatkah sistem pembelajaran model Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantu aplikasi Edpuzzle membantu guru dalam penyelesaian tugas peserta didik saat proses belajar mengajar secara daring dan bagaimana penerapannya dalam kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan menggunakan kuisioner, metode dokumentasi dan metode wawancara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mitra, S., & Crawley, E. 2014. “Effectiveness of Self-Organised Learning by Children: Gateshead Experiments”. Journal of Education and Human Development, 3(3), 79-88.
Swenson, David. 2016. Assessing Learning in a Flipped Classroom. A Publication of the Michigan Association for Computer Users in Learning 36, no.2 Winter: 20.
Aula, M. Taufikil. 2020. Improving Students’ Listening Skills Using Edpuzzle E-Learning As A Tool. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Saleh Sarifudin. 2019. Deskripsi Dan Langkah Model Pembelajaran Sole (Self Orginized Learning Environment). Downloaded on 10/21/20 from
https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_1.pdf
Sholichah, Ana Fatwatush. 2019. Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (Sole) Dalam Penyelesaian Tugas Di Smp Negeri 9 Semarang. Universitas Negeri Semarang
Silverajan, V. S. G. & Govindaraj, A. (2018). The use of Edpuzzle to support low-achiever’s development of self-regulated learning and their learning of chemistry. In Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers (ICETC ’18). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 259–263. DOI:https://doi.org/10.1145/3290511.3290582
Linggawati. 2020. Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar Untuk Penilaian Dalam Bentuk Kuis Berbantuan Edpuzzle. Diakses tgl 23/10/20
http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/10/pemanfaatan-fitur-sumber-belajar-untuk-penilaian-dalam-bentuk-kuis-berbantuan-edpuzzle/
Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta
Afach, S. A., Kiwan, E., & Seeman, C. (2018). How to Enhance Awareness on Bullying for Special Needs Student using Edpuzzle a Web 2.0 tool. IJERE: International Journal of Educational Research Review, 3 (1), 1-7.
Siri, E.L. & Lestari P. (2020). Implementasi Pembelajaran Model Sole (Self Organized Learning Environment) Berbantu Aplikasi Edpuzzle Dalam Pembelajaran Daring. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5 (2), 67-72.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats