POTENSI KOPERASI SIMPAN PINJAM MARENDENG SEBAGAI STRATEGI DALAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL DI TORAJA, SULAWESI SELATAN

I Wayan Ruspendi Junaedi, I Wayan Damayana, Dermawan Waruwu

Abstract


Pembangunan ekonomi harus kembali bertumpu pada akar adat-budaya bangsa, berbasis kearifan lokal masing-masing daerah. Agar fondasi ekonomi kokoh, sesuai dengan identitas bangsa, demi turut mendorong pembangunan ekonomi nasional. Apa yang dilakukan oleh umat Paroki Kristus Raja Nonongan, yang pada waktu itu sebagian berekonomi lemah dan banyak umat mendatangi Seksi Sosial Paroki untuk meminjam uang demi memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari, maka Seksi Sosial melalui rapat Dewan Pastoral (DEPAS) mencari upaya untuk membantu perekonomian umat agar dapat keluar dari permasalahannya. Dengan mendirikan Koperasi Simpen Pinjem Marendeng, merupakan salah satu upaya untuk melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat Toraja, dengan berbasis kearifan lokal adat Toraja. Dari Penjelasan diatas, maka rumusan masalahnya adalah apa potensi koperasi simpen pinjem Marendeng Sebagai Strategi Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional Di Toraja, Sulawesi Selatan? Dan Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui potensi koperasi simpen pinjem Marendeng Sebagai Strategi Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional Di Toraja, Sulawesi Selatan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan model ekonomi masyarakat adat sebagai strategi dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional. Tujuan khususnya: Untuk mengetahui cara masyarakat adat membangun sistem perekonomiannya; untuk mengidentifikasi bentuk lembaga ekonomi masyarakat adat di Indonesia; dan untuk memformulasikan model pemberdayaan ekonomi masyarakat adat sebagai strategi dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif (mix method) dengan tipe penelitian comparative case study. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan mendapatkan model dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi nasional. Data dikumpulkan dan dianalisis secara observation, wawancara, dan dokumen

Keywords


Potensi, KSP Marendeng, Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal, Masyarakat Adat Toraja, Ekonomi Nasional.

Full Text:

PDF

References


Alhumami, Amich. “Kebudayaan Bisa Jadi Modal Penggerak Pembangunan Manusia”. Republika, 1 Agustus 2018.

Anggaran Dasar dan Rumah Tangga KSP Marendeng, 2002.

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010.

Chavoshbashi, Farzaneh, et al. “Designing Dynamic Model for Measuring the Effects of Cultural Values on Iran’s Economic Growth”. African Journal of Business Management, Vol. 6 No. 26, 2012.

Djumantri, Maman. “Ruang untuk Masyarakat Lokal Tradisional (Masyarakat Adat) Semakin Terpinggirkan”. Buletin Online Tata Ruang. Sulawesi Selatan: Sekretariat Tim Teknis BKTRNA, Edisi Mei-Juni 2011.

Fernández, Raquel dan Alessandra Fogli. “Culture: An Empirical Investigation of Beliefs, Work, and Fertility”. Cambridge: National Bureau of Economic Research, April 2005.

Guiso, Luigi, et al. “Does Culture Affect Economic Outcomes?”. Cambridge: National Bureau of Economic Research, Januari 2006.

Hadikusuma, R.T. Sutantya Rahardja. Hukum Koperasi Indonesia. Sulawesi Selatan: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Hakim, Lutfi, “Kerempugan Adalah Kekuatan”, makalah presentasi, 2020.

Hamid, Edy Suandi. “Jejak Pemikiran Mubyarto”, dalam mubyarto.org, 3 September 2008.

Hatta, Mohammad. Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun. Sulawesi Selatan: Inti Idayu Press, 1987.

Ichino, Andrea and Giovanni Maggi, “Work Environment and Individual Background: Explaining Regional Shirking Differentials in a Large Italian Firm”, The Quarterly Journal of Economics, Vol. 115, Issue 3, 2000.

Matuankotta, Jenni Kristiana, “Peran Aktif Masyarakat Hukum Adat dalam Pembangunan Ekonomi”. Jurnal SASI Universitas Pattimura, Volume 24 Nomor 2, Juli-Desember 2018.

Kamil, Faiz. “Civil Society dan Premanisme: Studi terhadap Sistem Rekrutmen Anggota Forum Betawi Rempug Gardu 0176”. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

Maraña, Maider. “Culture and Development”. UNESCO Extea Working Paper, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats