PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PETANI BUAH UNTUK MENJADI TUJUAN PARIWISATA DI KATINGAN, KALIMANTAN TENGAH

Peridawaty Peridawaty, Noorjaya Nahan, Rita Yuanita Toendan

Abstract


Penelitian bentuk pengabdian kepada masyarakat mandiri, untuk memajukan daerah kabupaten katingan menjadi pusat kota pariwisata buah durian. Strategi pemasaran di bangun berbasis pada kemampuan pelaku usaha dalam mendapatkan peningkatan keuntungan. Sistem pelatihan di berikan secara langsung seperti pemilihan jenis buah, seleksi harga dan pengemasan produk serta inovasi produk dari buah durian sebagai cara usaha terus berkembang tidak harus musiman. Pemilihan tempat desa wisata di kabupaten katingan, khususnya kota kasongan karena adanya bukit pertapaan yang dikenal sebagai tempat suci dan di percaya sebagai tempat doa bagi pengunjung yang datang. Jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan di analisis dengan alat statistik SPSS 24.0. Hasil penelitian bahwa pelatihan strategi pemasaran kepada 30 petani buah durian menunjukkan signifikan positif, yaitu kemampuan dalam inovasi produk dan ketekunan penerapan strategi pemasaran dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian memberikan bukti kepada pemerintah bidang perdagangan dan perindustrian sebagai falisitator mewujudkan kota kasongan menjadi salah satu kabupaten berbasis pariwisata di Kalimantan Tengah.


Keywords


Pelatihan Strategi Pemasaran, Daerah Wisata, Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Sayangbatti, D. P., & Baiquni, M. (2013). Motivasi dan persepsi wisatawan tentang daya tarik destinasi terhadap minat kunjungan kembali di Kota wisata batu. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(2), 126-136.

Susilowati, I., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN BRAWIJAYA ISTANA OLEH-OLEH KHAS BATU). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 161-166.

Nusantara, B. M., Gunawan, A., & Wijaya, D. A. (2015). Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(1), 1-19.

Christa, U., & Kristinae, V. (2021). The effect of product innovation on business performance during COVID 19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 151-158.

Dewandaru, B., & Purnamaningsih, N. (2017). Strategi Dalam Memajukan Industri Kreatif Dan Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata (Studi Pada Kesenian Jaranan Di Kota Kediri). EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).

Dioh, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Tenun Ikat Ntt. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(01), 46-53.

Maryati, S. (2019). Persepsi Terhadap Wisata Halal Di Kota Padang. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(2), 117-128.

Indah, D. M. (2019). KEARIFAN LOKAL PADA INDUSTRI KERAJINAN KAIN KHAS PALEMBANG DI TUAN KENTANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Joehastanti, J. (2012). Strategi Pemasaran Wisata Alam Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kawasan Wisata Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, 1(2), 61-73.

Wening, N., Al Hasny, M., & Fitry, R. (2016). Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada obyek wisata Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka di Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bisnis, 22(1).

Kotler, P. (2011). Philip Kotler's contributions to marketing theory and practice. In Review of Marketing Research: Special Issue–Marketing Legends. Emerald Group Publishing Limited.

Masrin, I., & Akmalia, O. K. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan kedatangan wisatawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 204-216.

Kristinae, V., Wardana, I., Giantari, I. G. A. K., & Rahyuda, A. (2020). The role of powerful business strategy on value innovation capabilities to improve marketing performance during the COVID-19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 8(4), 675-684.

Kristinae, V., Sambung, R., & Sahay, M. (2019). The role of entrepreneurial orientation in product innovation in emerging markets on the local products. Oradea Journal of Business and Economics, 4(2), 35-44.

Tiawon, H., & Kristinae, V. (2021). AKTIVITAS EKONOMI UKM DALAM RANGKA MENJAGA KETAHANAN PANGAN MASA PANDEMIC COVID-19 DI KALIMANTAN TENGAH. MEDIA BINA ILMIAH, 15(9), 5129-5138.

Jalaluddin, A. (2019). PENGARUH DESAIN PRODUKDAN PROMOSI TERHADAP MINATBELI KERAJINAN ANYAMAN KETAKDI DESA TAMAN SARI KECAMATANGUNUNGSARI (Studi Kasus Pada Toko Wahana Bambu Wilis Desa Taman Sari) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Sulistiyana, R. T. (2015). Pengaruh fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2).

valentino Samehe, J. (2019). Analisa Gap Ekspektasi dan Kepuasan Wisatawan Mancanegara di Kota Manado sebagai Destinasi Wisata. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(4).




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats