KAJIAN INSTRUMEN PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA KEGIATAN BANTUAN RUMAH SWADAYA

Kusmalahadi Syamsuri, Suryawan Murtiadi, Akmaluddin Akmaluddin

Abstract


Pemilihan  supplier  merupakan  salah  satu  hal  yang  penting  dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan program BSPS. Dalam mengambil keputusan untuk memilih supplier, pengambil keputusan (decision maker) membutuhkan alat analisis yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah yang bersifat kompleks sehingga keputusan yang diambil lebih berkualitas. Pemilihan supplier harus dilakukan secara hati-hati karena pemilihan supplier yang salah akan menyebabkan keterlambatan pada pelaksanaan kegiatan. Pada penelitian ini diidentifikasi prioritas kriteria dalam pemilihan supplier dan instrumen yang baik dan memudahkan masyarakat dalam menentukan supplier pada kegiatan bantuan rumah swadaya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian quisioner dan wawancara pada  20 responden yang berkenaan langsung dengan kegiatan tersebut. Pengolahan data hasil quisioner dan wawancara diolah dengan AHP. Dengan aplikasi AHP pada level 1, didapatkan ranking kriteria-kriteria untuk pemilihan supplier. Dan berdasarkan ranking kriteria-kriteria tersebut disusun sebuah instrument untuk melakukan pemilihan supplier pada kegiatan bantuan rumah swadaya. Berdasarkan hasil pengolahan data dari wawancara serta jawaban kuisioner pada 20 orang responden, adapun prioritas kriteria dalam pemilihan supplier berturut-turut sebagai berikut: modal; izin usaha; harga; kualitas barang; moda transportasi; dan jarak toko. Kemudian instrumen penilaian supplier pada kegiatan pembangunan rumah swadaya terlampir.


Keywords


Kriteria, Supplier, Instrument, AHP

Full Text:

PDF

References


Brodjonegoro, P.S, (1991), Petunjuk Mengenai Teori dan Aplikasi dari Model The Analytic Hierarchy Process. Jakarta: Sapta Utama.

Firdaus, Muhammad.2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara

Jogiyanto H.M, 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua,Yogyakarta.

Hasan, M. Iqbal (2003). Pokok-Pokok Materi Statistik 1(Statistik Deskriptif). Edisi Kedua, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta

Kusuma, Doni Angga (2017). Model Penilaian Kontraktor Pada Proyek Ketenagalistrikan Menggunakan Metode AHP dan Fuzzy TOPSIS. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Nydick, Robert L and Ronal Paul Hill. 1992. Using the Analitic Hierarchy Process to Structure the Supplier Selection Procedure. International Journal of Purchasing and Materials Management 28 (2) 31-36.

Peraturan Menteri Nomor 13/PRT/M/2016

Saaty, L. T. 1986. Decision Making For Leaders. University of Pittsburgh;

Saaty, Thomas L. 1988. Multi Criteria Decision Methode : The Analitycal Hierarchy Process. University of Pittsburgh.

Saaty, Thomas L. 1994. Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process. RWS Publications : Pittsburgh USA.

Santosa, stefanus dkk. 2019. Penentuan Prioritas Perbaikan Gedung Menggunakan Metode AHP Dari Sudut Pandang Tenant. Politeknik Negeri Semarang. Semarang.

Sari, Purnama Indah. 2019. Analytical Hierarchy Process (Ahp) Ekspansi Untuk Pengambilan Keputusan Masalah Dalam Inovasi Kerangka Pengukuran Kinerja. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Salemba Empat: Jakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Surjasa, Dadang, Pudji Astuti, dan Hario Nugroho. Usulan Supplier Selection Dengan Analytical Hierarchy Process Dan Penerapan Sistem Informasi Dengan konsep Vendor Managed Inventory Pada PT ABC.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Weber, Charles A., John R. Current and W.C. Benton. 1991. Vendor Selection Criteria and Methods. European Journal of Operations Research 50 (1991) 2-18.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats