ENGLISH TRACING NEW STUDENTS LEVEL ON SPEAKING SKILL PADA PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN DAN PERJALANAN WISATA TAHUN AKADEMIK 2020/2021 SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Primus Gadu, Mahsun Mahsun, Si Luh Putu Damayanti

Abstract


Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram merupakan lembaga pendidikan pariwisata pertama dan terpercaya di Nusa Tenggara Barat. Beralamat di jalan Panjitilar Negara No. 99X Kekalik Jaya. Lembaga ini memiliki Tiga Program Studi unggulan yaitu Program Strata Satu (S1) Pariwisata, Diploma Tiga (D3) Perhotelan dan Diploma Tiga (D3) Perjalanan Wisata. Dalam proses pembelajaran ditemukan bahwa bahasa Inggris menjadi permasalahan mendasar yang dihadapi oleh mahasiswa. Berbicara (speaking) adalah suatu aspek berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh pembelajar untuk mengkomunikasikan atau mengekspresikan ide-ide dan pesan-pesan tertentu karena menurut Brumfit, 1979:42 kemampuan berkomunikasi merupakan tujuan pembelajaran bahasa Inggris. Pernyataan ini kemudian dipertegas Nunn (2005) bahwa kompetensi komunikatif lebih menekankan pada ketepatan penggunaan kode-kode sosial sebuah guyub tutur yakni apa yang disebut dengan pemahaman bersama tentang hak dan kewajiban, kaidah interaksi, bentuk kewenangan, dan kesukaan. Tentu saja, pendekatan pembelajaran dengan titik tekan pada kemampuan komunikatif senada dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Namun, fakta menunjukkan bahwa berbicara dirasa sangat sulit bagi setiap pembelajar Bahasa Inggris. Oleh karenanya, identifikasi awal terkait kemampuan berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram penting dilakukan. Penelitian ini melibatkan 62 orang mahasiswa dari dua program Studi yaitu Program Studi Diploma Tiga Usaha Perjalanan Wisata berjumlah 24 orang dan program Studi Perhotelan berjumlah 38 orang. Dan untuk mengumpulkan data maka wawancara dan dokumentasi diperlukan.  Selanjutnya untuk kepentingan analisis data peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi dan penyajian data yang disusun secara sederhana dari informasi yang kompleks ke dalam bentuk analisis yang mudah dipahami. Penelitian ini selain untuk mendapatkan data awal kemampuan berbahasa Inggris Mahasiswa pada Program studi D3 Perhotelan dan D3 Perjalanan Wisata juga dirumuskan luaran yang ingin dicapai yaitu: (1) Peningkatan dan penguatan kemampuan berbicara bahasa Inggris Mahasiswa pada Program studi D3 Perhotelan dan D3 Perjalanan Wisata, (2) Tersusunnya rekomendasi hasil penelitian model/pola pembelajaran Bahasa Inggris praktis, efektif dan tepat, dan (3) Terpublikasinya hasil penelitian pada jurnal ilmiah terakreditasi (Media Bina Ilmiah ISSN 1978-3787, Mataram).


Keywords


Berbicara, Pembelajaran, Bahasa Inggris, Praktis, Effektif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Alwi, Hasan. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Balai Pustaka.

A.W. Wijaya. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Utara: PT Raja Grafindo Persada.

Crystal, D. 1997. English as a Global language. Cambridge: Cambridge University Press

Soenardi, Djiwandono. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Scrivener, J. (2005). Learning Teaching: A Guide Book for English Language Teachers. Oxford, UK: Macmillan Education.

Sutanto Leo, 2006. English for Leisure Time Speaking.Intermediate Level. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i7.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats