PROGRAM DIKLAT JARAK JAUH TENTANG PENYUSUNAN RPP DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA

Dwi Aryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil program diklat jarak jauh online tentang penyusunan RPP yang diikuti oleh guru-guru madrasah yang tersebar dari tiga propinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk mendeskripsikan hasil analisis dari instrumen yang telah diisi oleh peserta diklat. Adapun model penelitian yang digunakan adalah model penelitian CIPP (context, input, process, product). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kuesioner (angket), teknik wawancara, dan teknik analisis dokumen. sasaran dalam penelitian ini adalah guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah yang berasal dari tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat di Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Jakarta yang mengikuti DJJ tahun 2017-2019 dengan total peserta/responden sebanyak 128 orang. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai evaluasi program menunjukkan skor yang positif. Namun, dalam kategori penilaian masih pada tahap “Baik” dari penilaian maksimal “Amat Baik”. RPP yang telah dibuat oleh peserta pada umumnya telah mencantumkan seluruh komponen standar RPP. Meskipun begitu, masih terdapat kesalahan umum seperti pemilihan kata kerja operasional yang belum sesuai, pemilihan media belajar yang kurang variatif, serta metode pembelajaran yang kurang inovatif.


Keywords


Diklat jarak jauh, RPP, Guru madrasah, BDK Jakarta

Full Text:

PDF

References


Asrijal, A. (2015). Efektivitas Fungsi Balai Diklat Kementerian Agama Sulawesi Selatan Terhadap Kualitas Guru PAI di Kota Makassar. Jurnal Biotek, 3(2), 35-53.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Esterberg, Kristin G., 2002. Qualitative Methods in Social Research, Mc. Graw Hill, New York.

Gusman, H. E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293-301.

Hanun, M. P. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat di Kementerian Agama. Edukasi, 16(2), 294655.

Haryono, A., & Alatas, A. (2003). Virtual Learning/Virtual Classroom sebagai Model Pendidikan Jarak Jauh: Konsep dan penerapannya. Jurnal Teknodik (No.13/VII/Teknodik/Desember).

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65.

Jayadipura, Y. (2018). In house training untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Jurnal Idaarah, 2(2), 260-268.

Kember, D. (2007). Reconsidering Open and Distance Learning in the Developing World. London: Routledge.

Lubis, K.A., Djulia, E., & Hasruddin (2020). Analisis Komponen RPP Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(10) 367-370.

Ngindana, R., & Hermawan, R. (2019). Analisis Kebutuhan Diklat Pegawai Negeri Sipil Berbasis Kesenjangan Kerja Unit Kerja Di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 1(1), 1-11.

Purwaningsih, E. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54.

Shih, T.K., & Hung, J.C. (2007). Future dirrection in Distance learning and Communication technology. USA: Idea Group Publishing.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tulung, J. M. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Balai Diklat Keagamaan Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3).

Wikanengsih, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. 2(1), hlm. 106-119.

Zhang, G. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement. 15(4).




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i7.1491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats