PERANAN ANALISIS SWOT DALAM MERANCANG STRATEGI PENGEMBANGAN (STUDI KASUS PADA ONE OF A KIND RESORT DAN THE ANMON RESORT

Muhammad Patiyusuf, Raja Mohammad Syafarullah

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada merancang strategi pengembangan hotel dengan bahasan menggunakan metode analisis SWOT. Dalam penelitian ini yang merupakan objek dan lokasi penelitian ini adalah One of a kind dan anmon . Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dianalisis menggunakan metode comparative case study . Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa fenomena terkait dengan penelitian yang ditemukan setelah melakukan penelitian ini, yaitu: a) Kekuatan  One of a kind terletak pada konsep resort yang unik, dan merupakan satu-satunya hotel yang berklasifikasi hotel bintang yang ada di kawasan trikora Kabupaten Bintan . b) Kelemahan One of a kind adalah belum adanya atraksi yang merupakan penunjang dari kepuasaan wisatawan dan minimnya jumlah villa. c) Peluang bagi One of a kind adalah berkembangannya pembangunan atraksi sebagai penunjang dan bertambahnya jumlah kamar. d) Ancaman bagi One of a kind adalah timbulnya pesaing pesaing yang baru dengan kosep yang lebih unik di kawasan trikora. Sedangkan untuk Anmon a) Kekuatan yang dimiliki adalah Konsep resort yang menarik berbentuk kerucut dan memiliki kolam renang buatan terbesar di asia tenggara. b)Kelemahan anmon adalah Banyak persaingan resort-resort didalam kawasan Lagoi yang menawarkan konsep yang lebih unik dan memiliki banyak atraksi. c) Peluang dari anmon adalah Menambah fasilitas penunjang seperti digital area untuk meningkatkan . d) ancaman anmon adalah Persaingan harga karena Lokasi anmon berdekatan dengan resort lainya di kawasan lagoi.


Keywords


Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Pariwisata, Resort

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, 2013. Strategic Management:SustainableCompetitive Advantages. Edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Assauri, S. ( 2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Alies. 2008. Pengertian perusahaan jasa &karateristik.

http://alieslow.blogspot.com. Diakses tanggal 25/01/2015.

Christie Mill, R. (2000). Tourism-The Internastional Business. jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Hubeis, M., Dan Najib, M. 2014. Manajemen Strategik: dalam pengembangan daya saing organisasi, Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Pearce II, J. A., dan Robinson, R. B. 2011. Strategic management Formulation, Implementation and Contro. New York: McGraw Hill.

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Edisi

VII. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Resmi, Siti. 2010. Analisis SWOT dalam bisnis. http://kampus.okezone.com. Diakses tanggal, 22/12/2014.

Susanto, A. B. 2014. Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahi Analisis SWOT Dalam Bisnis Surabaya: Kata Pena.

Sumarsono, Dicky. 2014. Dahsyatnya Bisnis Hotel Di Indonesia: Smart

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian Cetakan Ke 25. . Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. B. 2014. Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Suryatama, E. (2014). Analisis SWOT. Bandung: Kota Pena.

Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahi Analisis SWOT Dalam Bisnis Surabaya: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i7.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats