ANALISA BENCHMARKING VIRTUAL TOUR SEBAGAI ALTERNATIF PRODUK DAN MEDIA PROMOSI DESTINASI WISATA BUDAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Yayasan Heritage Lasem Dan Pokdarwis Pulau Penyengat)
Abstract
Kebijakan pembatasan perjalanan masyarakat dalam upaya menekan penyebaran virus di masa pandemi Covid-19 berdampak besar bagi industri pariwisata. Situasi ini memaksa para pengelola destinasi wisata untuk melakukan inovasi produknya. virtual tour bisa menjadi alternatif produk wisata dan media promosi destinasi wisata di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi produk virtual tour Pokdarwis Pulau Penyengat agar mampu bersaing dengan produk virtual tour destinasi wisata lainnya. Dari hasil analisis Benchmarking menunjukkan bahwa virtual tour Pulau Penyengat memiliki keunggulan dalam aspek perlengkapan presentasi, materi dan metode virtual tour. Namun perlu dilakukan inovasi pada aspek perangkat teknologi visual, aktivitas interaktif dan saluran distribusi untuk menjadikan Pulau Penyengat Virtual sebagai produk wisata alternatif dan media promosi destinasi wisata budaya di masa pandemi COVID-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementrian Pariwisata Tahun Anggaran 2019. Pedoman Pengembangan Wisata Sejarah Dan Warisan Budaya.; 2019. https://www.bulungan.go.id/v5/index.php/potensi-wilayah/pariwisata/wisata-sejarah
Jagadtya KH, Aisyianita RA. Virtual Tour : Strategi Industri Pariwisata Selama Pandemi Covid-19. Melancong J Perjalanan Wisata, Destin dan Hosp. 2020;3(1):48-60.
UNWTO. UNWTO tourism dahboard. Published 2020. https://www.unwto.org/international-tourism-and-covid-19
RI kementrian kesehatan. No Title. Published 2021. https://covid19.go.id/
Badan Pusat Statistik. Statistik_Kunjungan_Wisatawan_Mancanegara_BPS2013. Published 2021. https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2020
Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021. Published 2021. https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021
Sigala M. Tourism and COVID-19: Impacts and Implications for Advancing and Resetting Industry and Research. J Bus Res. Published online 2020.
Zeng, Z., P. Chen and AL. From High-Touch to High-Tech: COVID-19 Drives Robotics Adoption. Tour Geogr. Published online 2020.
Azis N. How smart tourism technologies a ff ect tourist destination loyalty. 2020;(31). doi:10.1108/JHTT-01-2020-0005
Jeong M, Shin HH. Tourists’ Experiences with Smart Tourism Technology at Smart Destinations and Their Behavior Intentions. J Travel Res. 2020;59(8):1464-1477. doi:10.1177/0047287519883034
Fesenmaier DR. Access to Places via Shared Videos. Ann Tour Res. 2009;36(1):24-40. doi:10.1016/j.annals.2008.10.001
Moh Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.; 2005.
Danim S. Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka setia Bandung; 2002.
Adityo A. Pembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Univ Nusant PGRI Kediri. 2017;01:1-7. http://www.albayan.ae
Penyengat KEP. MEMPERKENALKAN PARIWISATA BUDAYA DAN HERITAGE KEPADA dan mengelompokkan generasi millennial dan Senior Millennial ( Utomo dkk . 2019 ). Junior. 2020;(January). doi:10.24014/sb.v17i2.11010
Muhammad R, Mutiarin D, Damanik J, Pemerintahan MI, Yogyakarta UM. VIRTUAL TOURISM SEBAGAI ALTERNATIF WISATA SAAT. 2021;4(1):53-60.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i7.1494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats