PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW PADA MASYARAKAT MEDAN MARELAN

Henny Pratiwi, Kalvin Sinaga, Sri Eka Wulandari, Muhammad Ilham Riyadh, Leny Andriani, Sulaiman Ginting

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian produk MS Glow pada Masyarakat Medan Marelan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Masyarakat Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yang pertama variabel dependen (Y) keputusan pembelian dengan indikator pilihan produk, pilihan merk, pilihan penyalur,waktu pembelian dan jumlah pembelian. Variabel independen (X) meliputi: Brand Image (X1) dengan indikator citra pembuat, citra produk dan citra pemakai, dan Promosi (X2) dengan indikator periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan publisitas.Populasi berjumlah 300 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling hingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 75 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, Sedangkan untuk pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel brand image merupakan variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ms glow dibutikan dalam hasil uji t brand image memiliki hasil yang berpengaruh. Hasil uji f dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel brand image dan promosi, kemudian dalam penelitian ini variabel promosi merupakan variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ms glow terbukti dalam hasil penelitian uji t promosi, dan hasil dari nilai uji koefisien determinasi sebesar nilai Adjusted R Square 0,469 sama dengan 46,9%.


Keywords


Brand Image, Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


J. A. F. K. e. a. Viani A.L Mandagi, "Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado," Administrasi bisnis, vol. 6, no. 4, p. 60, 2018.

J. A. F. K. e. a. Viani A.L Mandagi, "Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian handphone samsung android di gerai IT center Manado," administrasi bisnis, vol. 6, no. 4, p. 55, 2018.

Z. W. e. a. Heni Yuvita, "Pengaruh brand image dan sales promotion terhadap keputusan pembelian melalui brand equity," Ilmiah manajemen, vol. 9, no. 3, p. 435, 2019.

S. S. M. Q. Donni Juni Priansa, Komunikasi pemasaran terpadu, Bandung: Cv pustaka setia, 2019.

M. A. F. e. a. Nanda Dwi Iskuntianti, "The influence of brand image, lifestyle, and product quality on purchasing decisions," Businessmanagement review, vol. 1, no. 6, p.440, 2020.

V. W. Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi, vol. 7, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020, p. 882.

D. Solihin, "Pengaruh kepercayaan pelanggan ddan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengann minat beli sebagai variabel intervening," Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, vol. 4, no. 1, p. 42, Juni2020.

J. L. e. a. Malonda Deisy, "Analisis citra merk, harga produk, dan kualitas terhadap keputusan pembelian handphone samsung pada seluruh gerai-gerai seluler di IT centerr manado," Emba, vol. 6, no. 4, p. 2290, 2018.

J. R. E. T. e. a. Fransilia Marsilina Mewoh, "Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Matahari Department Store Manado Town Square," Administrasi bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 37-38, 2019 .

D. J. P. Joko Rizkie Widokarti, Konsumen,Pemasaran, dan Komunikasi Kontemporer, vol. 9, Bandung: CV Pustaka Setia, 2019, pp. 38-39.

S. S. d. S. S. Rosalina, "Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating," Business studies, vol. 04, no. 1, pp. 45-46, 2019.

V. W. Sujarweni, Metode Penelitian Bisnis Ekonomi, vol. 7, Yogyakarta: Pustaa Baru Press, 2020, p. 3781.

V. W. Sujarweni, Metodologi Penelitian, vol. 7, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020, p. 25.

R. E. K. Randika Fandiyanto, "Pengaruh kepercayaan merk dan citra merk terhadap minat beli ulang "Kopi Toraja" di coffee josh situboondo," Ilmiah ekonomi dan bisnis, vol. 7, no.1, pp. 26-27, Maret 2019.

Ediwar, Jufri, Sahrul, N., Minawati, R., Irdawati, & Yurnalis. (2021). Creative Industry of the Making of Gandang Tambua Musical Instrument Based On Traditional Technology. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 3752–3764. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.259




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i7.1504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats