PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS BITTERSWEET BY NAJLA MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Pada Followers Akun TikTok @bittersweetbynajla)

Ghina Tasya Salsabila, Mayasari Mayasari, Ana Fitriana Poerana

Abstract


Persepsi merupakan suatu proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan dan mengintepretasikan stimuli atau rangsangan dari lingkungannya menjadi sesuatu yang bermakna, sehingga dapat mempengaruhi bagaimana individu tersebut bertindak. Persepsi menjadi komponen yang sangat penting dalam perilaku konsumen, karena dapat menunjukkan kekuatan dari sebuah merek. Untuk itu, diperlukan adanya upaya untuk menciptakan persepsi positif di benak konsumen mengenai suatu merek. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana promosi dan membentuk Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan empat informan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang followers TikTok @bittersweetbynajla yang sudah pernah membeli produk Bittersweet By Najla. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan terstruktur, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan, diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi yang terbentuk di benak keempat followers akun TikTok @bittersweetbynajla mengenai upaya Bittersweet By Najla dalam membentuk Brand Awareness melalui media sosial TikTok dinilai sudah positif dan beragam sesuai dengan pengalaman, latar belakang atau faktor lainnya yang berasal dari konsumen itu sendiri maupun faktor yang datang dari luar. Kemudian didapatkan juga bahwa tingkatan Brand Awareness Bittersweet By Najla yang berhasil dibentuk melalui pemanfaatan media sosial TikTok saat ini sudah berada pada tingkat Top of Mind, yaitu tingkatan tertinggi pada pengukuran Brand Awareness

Keywords


Persepsi Konsumen, TikTok, Brand Awareness, Bittersweet By Najla

Full Text:

PDF

References


Detik.com, 2020, Bisnis Kuliner Ini Tetap Bertahan Meski Corona Merajalela, https://finance.detik.com/solusiukm/d-5051478/bisnis-kuliner-ini-tetap-bertahan-meski-corona-merajalela, diakses tanggal 20 Februari 2021.

A. Eriyawati, Mayasari, and M. Ramdhani, 2020, Pengaruh Youtube Atta Halilintar Terhadap Motivasi Bagi Mahasiswa, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 5 (2), hal 139–154.

V. Kristinae and Meitiana Sahay, 2019, Pengaruh Social Media, Learning Orientation dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilities UKM Kerupuk Ikan Saluang di Kalimantan Tengah, Media Bina Ilmiah., vol. 14 (2), hal 1959–1966.

V. P. Fauzi, 2016, Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru, Jurnal Online Mahasiswa FISIP, vol. 3 (1). hal 1-15.

Kompas.com, 2020, Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia, https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-tiktok-terbanyak-di-dunia, diakses pada 05 Januari 2021.

Kompas.com, 2021, Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Tiktok Terungkap, https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktok-terungkap. diakes pada 20 Mei 2021.

Majalah Holiday, 2021, Kisah Sukses Bittersweet by Najla, Bisnis Rumahan Jadi Punya Banyak Reseller, http://www.majalah-holiday.com/2021/02/kisah-sukses-bittersweet-by-najla.html?m=1, diakses pada 19 Februari 2021.

T. Suryani, 2008, Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasran. Graha Ilmu, Yogyakarta.

M. R. Solomon, 2015, Consumer Behavior Buying , Having, Being Elevent, 11th Edition, Prentice Hall, New Jersey.

E. Ferrinadewi, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu, Yogyakarta.

D. Handayani et al, 2010, Brand Operation, Esensi Erlangga Group, Jakarta.

D. Aaker, 1997, Manajemen Ekuitas Merek, Spektrum, Jakarta.

Kompasiana.com, 2020, Belum Tahu Apa Itu TikTok? Berikut 10 Fakta Pentingnya, https://www.kompasiana.com/primata/5e3624dad541df0711281812/belum-tahu-apa-itu-tiktok-berikut-10-fakta-pentingnya?page=all. Diakses pada 10 Januari 2021.

R. N. Hanifa, A. Fitriana, and Y. Tayo, 2018, Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Shopee di Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa, Jurnal Politik Indoneia., vol. 3 (2), hal 37–45.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats