UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN LATAR PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Baiq Selsi Rusnihati

Abstract


Keberhasilan proses dan hasil pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah guru dan siswa. Selain menguasai materi seorang guru juga dituntut untuk menguasai strategi-strategi penyampaian materi tersebut, cara guru akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses pembelajaran.. Pendidikan Kewarganegaraan menuntut siswa menunjukkan sikap yang responsif, baik, kreatif, dan bertanggung jawab, tapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum tercapai sebagaimana yansg diharapkan. Seringkali guru menemukan siswa tidak berani mengemukakan pendapat maupun bertanya. Dalam bekerja kelompok banyak dari anggota kelompok yang hanya mencantumkan nama saja tanpa ikut berpartisipasi dalam kelompok. Tanggungjawab siswa rendah, baik terhadap dirinya sendiri (individu) maupun terhadap kelompok. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran  melalui pendekatan problem posing dengan latar pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran PKn. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I hanya 56, % secara klasikal dengan rata-rata 78, meningkat padasiklus II menjadi 87 % dengan rata-rata capaian individu 82, dan telah melalpaui indikator keberhasilan, begitu pula halnya dengan hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai  mencapai standar ideal. Dari 59 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 67 % dengan rata-rata nilai 83, sehingga secara individual dan klasikal telah mencapai indikatir atau kriteria ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  melalui pendekatan problem posing dengan latar pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil  belajar siswa kelas IX D  dengan ketuntasan mencapai 87 %, dengan demikian penerapan model pembelajaran  melalui pendekatan problem posing dengan latar pembelajaran kooperatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PKn  di SMP Negeri 13 Mataram


Keywords


Model Pendekatan Problem Posing, Pembelajaran Kooperatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

___________ 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zainal,(1994).Pendekatan dalam proses belajar mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya

Astuti, Fitri. 2007. Usaha Meningkatkan Keaktivan Siswa dalam Merespon PelajaranMatematika Melalui Pendekatan Belajar Tuntas. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Budiyanti, Ana Rahmi. 2007. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Belajar Tuntas. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Depdikbud,1993.Kurikulum sekolah menengah umum dan garis garis besar program pengajaran ( GBPP) mata pelajaran PKn. Jakarta:Depdikbud.

Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.

_____. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E (2005). Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution S., 2001. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrasindo Persada

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats