PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TEKS EKSEMPLUM PADA PESERTA DIDIK KELAS IX G SMP NEGERI 9 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN 2016/2017

Zuriyah Zuriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis Teks Eksemplum dan peningkatan hasil belajar peserta didik  kelas IX G  SMPN 9Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 melalui pembelajaran  menggunakan Media Gambar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelas IX G SMP Negeri  9 Mataram,  Sedangkan prosedur penelitian melalui tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  kemempuan peserta  didik menulis Teks Eksemplum dan hasil  belajar  Bahasa Indonesia  Peserta didik kelas IX G SMP Negeri  9 Mataram Semester ganjil  tahun  pelajaran  2016/2017, dengan menggunakan Media Gambar  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah,rata-rata pada siklus I, 73,87 dengan ketuntasan klasikal 41,9 %,dan  76,65  dengan capaian klasikal 61,29%   meningkat menjadi rata-rata  80,97  dengan ketuntasan klasikal 90,32%  , dan hasil belajar rata-rata 79.8 dengan capaian klasikal 90,32%  pada siklus II., capaian kemampuan menulis Teks Eksemplum dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 9 Mataram sebesar 75. Meningkatnya kemampuan  Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran Media Gambar  hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,15, menjadi 4,27 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai.


Keywords


Kemampuan menulis Teks Eksemplum, Hasil belajar Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, s. 2009, Penelitan Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

A.Azis Wahab. 1989. Evaluasi Pendidikan , LPPMP FPBahasa Indonesia IKIP Bandung.

-----------------,2005 Materi Pelatihan Intgegrasi Bahasa Indonesia DEPDIKNAS Direktoran pendidikan Dasar dan menengah Dikrektorat pendidikan lanjutan Pertama .

Zaenal Aqib, 2002 , Profesionalisme guru dalam Pembelajaran,Surabaya : Insan Cendekia.

Surjadi.1983. Membuat Peserta didik Aktif Belajar, Bandung : Angkasa

blog’er Ulum :keaktifan belajar peserta didik (https://id.wikipedia.org/wiki/Model Pembelajaran Gambar)

(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Teks Eksemplum)

Wibowo, Wahyu. 2007. Menjadi Penulis & Penyunting Sukses: Kiat Jitu Merangkai Kata Agar Komunikatif, Hidup, dan Memikat. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats