USAHA PENINGKATAN PELAYANAN BLUD RSUD MAJALAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Sugeng Prayetno, Hendra Permadi, Winna Sarikusumaningtyas, Asri Sundari

Abstract


Para manajer kiranya tidak dapat menghindarkan diri dari perubahan. Mereka perlu memikirkan masa depan organisasi pada abad 21 dalam memanage perubahan sebagai suatu tanggung jawab yang bersifat integral. Para manajer, disamping harus menangani kegiatan memanage perubahan, harus pula mengembangkan pendekatan-pendekatan guna mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi. Tetapi dalam kenyataan, tidak semua organisasi akan berhasil melaksanakan perubahan-perubahan yang tepat atau mengadopsi inovasi-inovasi yang bersifat efektif. Memanage perubahan, dengan sendirinya menuntut adanya perubahan perilaku para manajer, dan untuk itu diperlukan perubahan-perubahan dalam nilai dan sistem nilai mereka. Perubahan perlu juga melibatkan pemikiran individu-individu, kelompok-kelompok di dalam suatu organisasi, dan akhirnya juga organisasi itu sendiri, yang berarti perubahan pada perilaku keorganisasian. Globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan suatu perusahaan. Untuk itu SDM (manajer, karyawan dan lain-lain) harus mampu beradaptasi terhadap lingkungannya dan mengantisipasi dampak dari globalisasi tersebut terutama terhadap persaingan-persaingan akibat kompetiter yang semakin banyak (hypercompetion = persaingan tajam). Untuk itu perusahaan harus secara kontinuitas meningkatkan komitmen dan kompetensinya sebagai titik berat perusahaan pada era globalisasi dalam membentuk SDM yang unggul (Human Resources Champion) atau SDM yang kampiun. Michel Porter (1995-1998). Dalam perspektif management global pendekatan SDM berbentuk multirole (banyak peran) dengan bercirikan keunggulan (deliveriable). Memang sudah menjadi persepsi masyarakat bahwa pemerintah selama ini dinilai sebagai organisasi yang birokratis yang tidak efisien, lambat dan tidak efektif. Padahal dalam manajemen modern unit pemerintahan harus profesional akuntable dan transparan. Paradigma ini dimaksudkan untuk memangkas ketidakefisienan tersebut. Penelitian dilakukan pada pada bulan Januari – April 2022 dengan pembahasan berdasarkan metode kualitatif

Keywords


BLUD, Pelayanan, dan SDM

Full Text:

PDF

References


Anthony, Govindarajan, 2001, Management Control Systems, Tenth Edition, New York : The McGraw-Hill Companies, Inc.

Alan Deutschman (2007), Change or Die, HarperCollins Publisher Inc., 10 East 53rd Street, New York, NY 10022

Arfan Ikhsan, Ida Bagus Agung Dharmanegara, 2010, Akuntasi dan Manajemen Keuangan Rumah Sakit, Graha Ilmu, Jakarta

Atkinson, A.A., R.D. Banker., R.S. Kaplan and Y.S. Mark, Management Control System, Third Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc, 2001.

Boudreau, John W. and Ramstad, Peter M. 2005. Talentship, Talent Segmentation, and Sustainability: A New HR Decision Science Paradigm for a New Strategy Definition. Human Resource Management Journal; Volume 44, Issue 2, pg.129–136

Dessler, Gary, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid I, Edisi

kesepuluh, Alih Bahasa Paramita Rahayu, PT. Indeks, Jakarta

Ivancevich, John M dan Konopaske, Robert. 2012. Human Resource Management. NewYork : McGraw-Hill Irwin

Jeffrey A Mello (2002), Strategic Human Resources Management – Chapter 14 : International Human Resources Australia :South-Western/Cengage Learning

Kaplan, Robert S. dan Norton, David P., 1996, Balanced Scorecard, Menerjemahkan Strategi Menjadi Aksi, Alih Bahasa : Peter R. Yosi Pasla, 2000, Jakarta : Erlangga.

Mello, Jeffrey A. 2011. Strategic Human Resource Management (3 rd edition).

United States of America: South-Western Publishing Co.

Mulyadi, 2001, Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat Ganda Kinerja Keuangan, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta

Ulrich, David, (1998), Human Resources Champion. Harvard Business School

Press., Boston

Widjaya, Amin, 2000, Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard, Jakarta : Harvindo




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i9.1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats