KAJIAN KEBERLANJUTAN SERTA KELAYAKAN TPS 3R DENGAN METODE AHP DAN SWOT DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Baiq Virgia Srihayati, I Ketut Budastra, Suryawan Murtiadi

Abstract


Pada tahun 2014-2018 terdapat 7 TPS 3R yang sudah terbangun di Kabupaten Lombok Tengah. Adanya TPS 3R yang terbangun merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi sampah sejak dari sumbernya, namun dalam implementasinya masih banyak TPS 3R yang tidak berjalan secara optimal setelah konstruksi selesai. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji keberlanjutan dan kelayakan TPS 3R ditinjau dari aspek teknis, finansial, kelembagaan dan partisipasi masyarakat serta mengidentifikasi model pilihan dari aspek keberlanjutan TPS 3R dengan metode AHP dan mengetahui strategi impelementasi keberlanjutan TPS 3R berdasarkan model pilihan terpilih menggunakan metode SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 7 TPS 3R yang terbangun 6 diantaranya memiliki status keberlanjutan buruk dan 1 TPS 3R berstatus baik. Kajian kelayakan dilakukan pada TPS 3R yang masih beroperasi yakni TPS 3R Desa Semparu dengan hasil analisis aspek teknis menunjukkan selisih kebutuhan luas lahan pada tahun 2030 cukup besar yaitu 208,1 m2. Aspek finansial menunjukkan hasil perhitungan NPV sebesar -Rp. 1.010.822.717,32 <0 dan nilai BCR 0,35 <1. Lembaga yang mengelola TPS 3R Desa Semparu saat ini yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang beranggotakan 7 orang sedangkan dari segi partisipasi masyarakat yaitu adanya penambahan pelanggan dari 320 KK menjadi 460 KK menunjukkan partisipasi masyarakat cukup baik. Model pilihan yang didapatkan berdasarkan hasil analisis AHP yaitu aspek teknis, aspek kelembagaan dan aspek finansial dengan strategi implementasi yang didapatkan dari analisis SWOT pada kuadran IV yaitu strategi WT

Keywords


TPS 3R, Keberlanjutan, Kelayakan, AHP dan SWOT

Full Text:

PDF

References


Dewi M., 2018, Kajian Kelayakan dan Pengembangan TPS dan TPS 3R di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Tesis. Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Teknik Sanitasi Lingkungan, Institut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman. 2018, Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan TPS 3R, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

Ismail,G., 2018, Analisis Keberlanjutan Tempat Pengolahan Sampah 3R di Kota Bogor (Studi Kasus: TPS 3R Kencana dan Cipaku Bogor), Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Maharani A C., 2019, Analisis Strategi Tingkat Keberhasilan Pengelolaan Bank Sampah Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) di Kota Surakarta, Publikasi Ilmiah. Fakultas Teknik, Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013, Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Pokja AMPL Kabupaten Lombok Tengah, 2016, Dokumen Pemutakhiran Strategi Sanitasi Kota Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017-2021, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.

Rangkuti F., 2015, Teknik Membedah kasus Bisnis Analisa SWOT, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

SNI 3242;2008, Pengelolaan Sampah di Permukiman, Standar Nasional Indonesia, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Sugara A. dan Kustuono D., 2019, Evaluasi Pendapatan Asli Daerah Berdasarkan Retribusi Pelayanan Sampah di Kota Tangerang, Jurnal Moziak Volume XI Edisi 2 Desember 2019 (Hal 41-71).

Saaty, T.L., 1993, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin : Proses Hierarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi yang Komleks, Seri Manajemen No.134. Cetakan Kedua, Jakarta : PT.Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i9.1603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats