SWOT ANALYSIS THAT AFFECTS BUILDING CONSTRUCTION DAM MANAGEMENT UNIT AT THE RIVER BASIN ORGANIZATION OF NUSA TENGGARA I

Dunung Waskito Aji, Suryawan Murtiadi, Hartana Hartana

Abstract


Balai Wilayah Sungai – Nusa Tenggara I merupakan instansi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Pekerjaan Peningkatan Unit Pengelola Bendungan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan ruangan yang berfungsi menampung kapasitas pekerjan pada lingkungan Balai Wilayah Sungai – Nusa Tenggara I.  Proses pengambilan keputusan pada dasarnya adalah memilih suatu alternatif yang terbaik. Seperti melakukan penstrukturan persoalan, penentuan alternatif-alternatif, penetapan nilai, pernyataan preferensi terhadap waktu, dan spesifikasi preferensi atas risiko.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari pembangunan gedung Unit Pengelola Bendungan di Balai Wilayah Sungai – Nusa Tenggara I. Faktor-faktor yang dilakukan kajian meliputi faktor internal yaitu kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) serta faktor eksternal yaitu peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Tahapan pada penelitian ini dilakukan dengan tahapan awal yaitu tahapan persiapan, lalu tahap pengumpulan data, kemudian tahapan analisis data selanjutnya penyusunan dan pemaparan hasil analisis untuk mendapatkan kesimpulan dan saran. Dari hasil kajian yang telah dilakukan maka yang harus di kembangkan atau di implementasikan dalam Proyek pembangunan Gedung Unit Pengelola Bendungan Balai Wilayah Sungai – Nusa Tenggara I yaitu: Dengan akses yang baik menuju gedung Unit Pengelola Bendungan tersebut, dapat membuat tamu-tamu dari luar/rekanan semakin nyaman bertamu sehingga memberikan informasi atau contoh terhadap pengelolaan yang baik akan bendungan dan dengan fasilitas ruang kerja yang tertata rapi baik kursi dan meja maupun ruang command center sehingga membuat kerja menjadi nyaman.  Kesehatan dan keselamatan kerja juga dapat tercipta dengan baik sehingga penerapan Undang-Undang K3 dapat dijalankan dengan baik, harapannya para pegawai dapat memelihara dan memanfaatkan dengan baik gedung unit pengelola bendungan yang telah dibangun tersebut

Keywords


Analisis Risiko, Gedung K3, SWOT

Full Text:

PDF

References


Agustini, R. R., dan Rimantho, D., 2018. Penentuan Prioritas Strategi Pengelolaaan K3 Proyek Pemasangan Pipa Gas Menggunakan Pendekatan Metode AHP, Jurnal Teknik Industri, Malang.

Habibi, I, dan Hasuglan, H, 2019. Penerapan metode Analytical Hierarcy Process dan Simple Addictive Weighting untuk pemilihan supplier profitable pada sebuah proyek studi kasus PT Mitra Sukses Kreasindo, Jurnal IDEALIS, Vol. 2 No. 6, Jakarta.

Monaliza, I., Kustiani, I., dan Siregar, A, M., 2021. Analisis Risiko Proyek Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) (Studi Kasus: Proyek Perpustakaan Modern Lampung pada Tahap Lanjutan), Jurnal Aplikasi Teknk Sipil, Surabaya.

Mulyani, E. 2006. Bahan Ajar Manajemen Konstruksi. Pontinak: Fakultas Teknik Untan.

Putri, C. F, 2012. Pemilihan Supplier Bahan Baku Pengemas Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Widya Teknika, Vol 20 No 1. Malang.

Rahmi, L., Firman., dan Thabrani, G., 2019. Evaluasi Faktor-Faktor penyebab keterlambatan penyelesaian proyek konstruksi dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process di Kota Padang, Jurnal EcoGen, Padang




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i9.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats