STRATEGI INOVASI PEMASARAN UMKM USAHA PARIWISATA DI YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Wardiyanta Wardiyanta, Utik Bidayati

Abstract


Krisis ekonomi karena Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada ekonomi global, semua usaha merasakannya. Para pengusaha harus bisa menyesuaikan praktik bisnis mereka dengan perubahan perilaku pembelian konsumen sebagai tanggapan dari berbagai kebijakan ekonomi untuk mengahadapi situasi pandemi itu supaya dapat berlanjut keberadaannya,. Perusahaan harus melakukan inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana para pengusaha pariwisata di Yogyakarta mengelola krisis karena pandemi Covid-19, khususnya dalam inovasi mereka di bidang pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif dengan fokus pada usaha mikro, kecil dan menengah di Yogyakarta, khususnya yang terkait dengan pariwisata. Data diperoleh dengan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan pada para pebisnis yang bertanggung jawab pada pemasaran pada Januari – Mei 2021. Untuk menganalisis data empiris digunakan analisis tematik. Dari analisis terhadap informasi ditemukan sebagai berikut: 1) Inovasi pemasaran meningkatkan praktik manajemen krisis perusahaan. 2) Inovasi pemasaran adalah alat manajemen krisis yang umum dalam berinovasi. 3) kemajuan teknologi memunculkan manajemen krisis tipe baru


Keywords


UMKM, Usaha Pariwisata, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Benson, C., & Clay, E. (2004). Understanding The Economic and Financial Impacts of Natural Disasters. World Bank.

Caballero-Morales, S. (2021). “Innovation as recovery strategy for SMEs in emerging economies during the Pandemic COVID-19”. Dalam Research in International Business and Finance, 57, 101396–101396. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2021.101396

Grundey, D. (2009). “Consumer behaviour and ecological agri-business: Some evidence from Europe”. Dalam Economics & Sociology, 2(1a), 157–170. https://doi.org/10.14254/2071–789x.2009/2–1a/19

Hertati, L., Widiyanti, M., Desfitrina, D., Syafarudin, A., & Safkaur, O. (2020). “The Effects of Economic Crisis on Business Finance” . Dalam International Journal of Economics and Financial Issues, 10(3), 236–244. https://doi.org/10.32479/ijefi.9928

Hittmár, Š., Varmus, M., & Lendel, V. (2014). “Proposal of model for effective implementation of innovation strategy to business”. Dalam Procedia - Social and Behavioral Sciences, 109, 1194 – 1198

Kazinguvu Ngweshi (2016) “Strategic Innovation in Management of Small and Medium–Sized Manufacturing Companies in Rwanda”. Dalam http://www.jibs.se/download/18.b50f808155324276996105/1520578337442/EARP-BEM%202006-03%20Kazinguvu.pdf

Kjellberg, H., Azimont, F., & Reid, E. (2015). “Market innovation processes: Balancing stability and change”. Dalam Industrial Marketing Management, 44, 4 12. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2014.10.002

Naidoo, V. (2010). “ Firm survival through a crisis: The influence of market orientation, marketing innovation and business strategy. “. Dalam Industrial Marketing Management, 39(8), 1311–1320. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2010.02.005

Taherdoost, H. (2016). “Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose a Sampling Technique for Research”. Dalam International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5.

Yazdanfar, D. (2011). “Predicting bankruptcy among SMEs: evidence from Swedish firm-level data”. Dalam International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 14(4), 551-565. https://doi.org/10.1504/IJESB.2011.043475




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats