IMPLEMNTASI METODE JIGSAW UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PERESAK KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

H. Ardi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial bagi siswa kelas IV SDN 3 Peresak. Hal ini disebabkan karena guru masih menerapkan metode pembelajaran yang belum mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: bagaimana mengimplementasikan metode jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan pada siswa kelas IV SDN 3 Peresak Kecamatan Narmada Tahun 2016/2017. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, observasi, refleksi. Skor  rata-rata  aktivitas  siswa  pada  siklus  I  2,80  dengan  kategori aktif dan pada siklus II 3,00 dan pada siklus III menjadi 3,44 dengan kategori sangat aktif, skor rata- rata aktivitas guru pada siklus I 2,99 meningkat menjadi 3,00 dengan kategori baik dan pada siklus III menjadi  3,57 dengan kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74% dengan skor rata-rata kelas 63,84 dan Prestasi belajar pada siklus II sebesar 79,49% dengan skor rata-rata kelas 71,54. Pada siklus III mencapai ketuntasan sebesar 92% dengan skor rata-rata kelas 83,07. Berdasarkan  hasil  penelitian diatas  dapat  ditarik kesimpulan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial bagi siswa kelas IV di SDN 3 Peresak  Tahun Pelajaran  pelajaran 2016/2017.


Keywords


Prestasi Belajar, Metode Jigsaw.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

-------------- 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok) . Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning(Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT Gramedia.

Madya, S. 2009.Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurkancana,W dan Sunartana, P.P.N. 1990. Evaluasi Hasil Belajar .Surabaya: Usaha Nasional.

Riyanto, Y. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahmanida, E. 2010. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik pada Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Semester 2 kelas IV di SDN 34 Mataram. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM) Surabaya: Pustaka Belajar.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryaningsih. 2010. Optimalisasi Pemberian Tugas Model Problem Posing Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan di kelas V SDN 2 Dasan Geres Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Siroj, R. 2010. Pemelorehan Pengetahuan Menurut Pandangan Konstruktivistik.

Http: //www. Depdiknas. go. id/jurnal/43/rusydi. siroj. Htm, diakses tanggal 2 mei 2017 .




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i3.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats