KONTRIBUSI PROFESIONALISME DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN DESAIN PATH ANALYSIS (STUDI PADA UNIVERSITAS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MATARAM)

Halpiah Halpiah, Baiq Rizka Milania Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Profesionalisme dan loyalitas terhadap kinerja dosen pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram. Hipotesis yang di uji adalah : (1) Terdapat kontribusi Profesionalisme terhadap kinerja dosen pada pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram, (2) Terdapat kontribusi Profesionalisme terhadap loyalitas dosen  pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram,(3)  Terdapat kontribusi loyalitas  terhadap kinerja dosen pada pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram,dan (4) Terdapat kontribusi Profesionalisme terhadap kinerja dosen secara tidak langsung melalui loyalitas  pada pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram, Metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur (Path Analysis) menggunakan SPSS 13,0 for windows. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sample yang digunakan Dosen tetap pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram  yaitu sebanyak 266 responden. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang berbentuk skala likert. Hasil penelitian ini berupa : Pertama, Profesionalisme mempunyai kontribusi langsung secara  positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram,itunjukkan dengan nilai t hitung  lebih besar dari t tabel (10.121>1.969). Kedua, Profesionalisme mempunyai kontribusi secara langsung terhadap loyalitas dosen  pada Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Mataram, ditunjukkan dengan thitung >  ttabel, yaitu 2.860 > 1.969..  Ketiga, Loyalitas tidak mempunyai kontribusi secara langsung terhadap kinerja dosen  yang ditunjuk dengan nilai thitung lebih kecil  dari t tabel  (0.186<1.969 ). Keempat, Profesionalisme tidak memiliki kontribusi terhadap kinerja dosen melalui loyalitas, hal ini ditunjukkan oleh koefisien jalur Px2x3 tidak signifikan karena nilai t hitung (0.186) lebih kecil dari tabel (1.969)


Keywords


Kontribusi Profesionalisme, Loyalitas, Kinerja Dosen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akdon. (2010). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Penerbit Alfabeta Bandung.

__________ (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan ke-11

___________ (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Edisi Revisi IV. Rineka Cipta.

Depdikbud. (1976). Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat. Jakarta: Ditjen Dikti.

_________ (1980). Pedoman Pelaksanaan PPSPTK. Buku II. Jakarta: Ditjen ikti.

_________ (1982). Pedoman Pelaksanaan Pola Pembaharuan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan di Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti.

Dessler, Gary .2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi kesepuluh jilid kesatu. Jakarta : PT. INDEKS

Dharma, S. (2002). Paradigma Baru: Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Amara Books.

Efendi, A. (1999). Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ). Bandung: Alfabeta.

Indriantoro Nur dan Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE. Yogyakarta.

Land, Kenneth C. (1969), Principles 01 Path Analysis. In Edgar F. Borgatta (editor). Sociological Methodology. San Fransisco: Jossey-Bass Behavioral Science.p.3-37.

Lyle M. Spencer, dan Signe M. Spencer. (1993). Competence At Work: Medels for Superior Perfomance. New York: John Willey & Sons, Inc.

Mitchel, T.R. dan Larson (1987). People an Organization; An Introduction to Organizational Behavior. Singapore: Mc Graw Hill Inc.

Ridwan, 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Cetakan Ketiga. Bandung.

R Wayne Mondy. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuatitatif Kulitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods ). Bandung : Alfabeta

Sumartiningsih, Fr. M.S. (2004). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus pada Akademi Keperawatan Budi Luhur dan Ahmad Yani Cimahi). Tesis. Program Pascasarjana – UPI. Tidak Diterbitkan.

Suparmoko, Irawan M. 1992. Ekonomika Pembangunan. Yogyakarta. BPFE

Suyanto, H. Djihad (2004). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milinium III. Yogyakarta: AdiCita

________________ (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Milenium III. Yogyakarta: AdiCita.

Wuviani, V. (2005). Kontribusi Komunikasi dan Gaya Manajemen Konflik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru (Studi Deskripti terhadap Guru Sekolah Dasa Negeri Kecamatan Sekupang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Tesis. Program Pascasarjana – UPI. Tidak Diterbitkan.

Vandenberg, R.J., & Lance, C. E. 1992. Examining The Causal Order of Job Satisfaction and Organizational Commitment Journal Of Management. 18 : 153-167.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats