ANALISIS PREFERENCE BIDANG KERJA DI HOSPITALITY INDUSTRY MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Ida Nyoman Tri darma Putra, Lalu Masyhudi

Abstract


Beragamnya ketersediaan peluang kerja di industri pariwisata, baik dalam skala nasional maupun internasional memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa pariwisata di Lombok, NTB untuk memilih sektor yang paling cocok dan sesuai menurut mereka. Beberapa pertimbangan digunakan sebagai alat ukur untuk memilih tempat terbaik bagi mereka untuk magang. Lokasi magang kerja mahasiswa  berupa Hotel Bintang Lima yang tersebar disejumlah daerah di Indonesia. Sebagai pendidik tenaga kerja pariwisata, pandangan dan persepsi mahasiswa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar pembekalan kemampuan dan keterampilan yang diberikan kepada mahasiswa dapat sesuai dengan kebutuhan dan permintaan Hotel Bintang Lima atau lokasi magang. Dibutuhkan data tentang preference mahasiswa terhadap bidang kerja yang akan membantu memberikan informasi sebagai dasar untuk perkembangan dan fokus pendidikan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis preference bidang kerja mahasiswa di STP Mataram. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut  mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap bidang kerja yang mereka minati dan inginkan, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preference mahasiswa STP Mataram untuk bekerja di industri Pariwisata. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 Mahasiswa. Dari hasil kuesioner dan wawancara didapatkan bahwa dari sebagian besar responden, bidang kerja yang paling diminati adalah ada pada department food and beverage pada bagian service sebagai waiter/waitress, selanjutnya diikuti oleh bagian department food and beverage product sebagai cheff kitchen. Bidang pekerjaan lain yang juga diminati adalah bidang front officer dan barista. Berdasarkan jenis kelamin, didapatkan bahwa responden pria cenderung lebih memilih pekerjaan dibidang bagian service dan membutuhkan keahlian yang cocok untuk laki-laki sperti waiter, housekeeping dan barista. Sedangkan responden wanita lebih cenderung memilih jenis pekerjaan yang cocok dilakukan oleh wanita seperti dibagian kitchen sebagai assistan cheff atau front officer. Faktor Sosial, Faktor ekonomi, faktor pendidikan dan Faktor lingkungan mempengaruhi minat bidang kerja mahasiswa yang akan diambil atau dipilih oleh mahasiswa program studi diploma D3 perhotelan di STP Mataram.


Keywords


Preference, Bidang kerja & Hospitality Industy

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Pearson Education Company

Burhan Nurgiyantoro. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Jogjakarta.

Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: P.T. Indeks.

Efriayani, Djuwita. (2003). Memilih dan Mencari Kerja Sesuai dengan Bakat dan Kepribadian. Jakarta: Kawan Pustaka. Sunarto & Hartono, 2002,

Lawtie, Fiona. 2004. Teaching Speaking Ability 2 – Overcoming Classroom] Problems. (online: http://britishcouncil.org//accessed on January 10, 2018).

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ninemeier, J. D., & Perdue, J. (2008), Discovering Hospitality and Tourism: The World’s Greatest Industry, 2nd ed, New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Nunan, David. (1999). Second Language and Learning. Boston: Heinle& Heinle.

Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodoly: A Textbook for Teachers. Englewood Cliffts: Prentice Hall

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Sulastiyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi

Sunarto & Hartono, B.A. (2002). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i7.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats