PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BELAJAR BERSAMA (LEARNING TOGETHER) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 20 CAKRANEGARA

Anak Agung Ketut Ardana

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SDN 20 Cakranegara dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together..

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara sebanyak 42 orang siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tindakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Cooperative Learning Tipe Learning Together. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus.  Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I hasil belajar siswa baru mencapai rerata 70.21. Dari 42 orang siswa yang telah tuntas 32 orang (76.19%). dengan kata lain belum mencapai target yang telah ditetapkan yakni 85% siswa memperoleh nilai ≥75, dan pada siklus II rerata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82.10 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 39 orang (92.86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pembelajaran Kooperatif  tipe Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar PJOK siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara .

Keywords


Pembelajaran Kooperatif Tipe Tipe Learning Together & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2004. Pedoman Manajemen Berbasisi Madrasah. Jakarta. Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendidikan Jasmani Sekolah Lanjut Tingkat Pertama. Jakarta.

Dimyati dan Modjiono. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Hisbuan dan Modjiono. 1999. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim. 1993. Perencanaan Pengajaran. Direktorat Pendidikan Tinggi. Jakarta

Sardiman. 2003. Intraksi Motivasi Belajar Dan Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats