PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX-A SMP NEGERI 13 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran PKn pada kelas IX A semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 13 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah melalui PTK ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah ,sekaligus dapat meningkakan kerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran PKn di kelas IX A SMPN 13 Mataram dan bagi guru diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan seorang guru, dalam menerapkan metode pembelajaran PBL di kelas, sebagai upaya ilmiah untuk meningkatkan pengembangan keprofesional keberkelanjutan (PKB) bagi guru – guru . Pelaksanaan penelitian ini dua siklus , masing-masing siklus kegiatannya adalah ; perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II Nilai motivasi belajar rata-rata 81,9 dengan motivasi klasikal 85,7 dan hasil belajar rata-rata individual 83 dengan ketuntasan klasikal 83 % . Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu indicator motivasi dan hasil belajara sesuai KKM ( ≥ 78) . Karena indikator keberhasilan telah tecapai maka peneltian dicukupkan pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto.Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Rine Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.
___________. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Depdikbud.
Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.
Nasution S., 2001. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.
Slameto.1995, "Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya", Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
https://silabus.org/problem-based-learning
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats