PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX-A SMP NEGERI 13 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Baiq Selsi Rusnihati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan  motivasi  hasil  belajar   peserta didik setelah menerapkan  metode Problem Based Learning (PBL)   pada Mata Pelajaran PKn pada kelas IX A semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 13 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah melalui PTK ini diharapkan dapat meningkatkan  motivasi peserta   didik dalam  mengidentifikasi dan menyelesaikan  masalah ,sekaligus dapat meningkakan kerjasama untuk menyelesaikan masalah  dalam pelajaran PKn  di kelas    IX A  SMPN 13 Mataram dan bagi guru  diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan seorang guru, dalam menerapkan  metode pembelajaran PBL  di kelas, sebagai upaya ilmiah untuk meningkatkan pengembangan keprofesional keberkelanjutan (PKB) bagi guru – guru . Pelaksanaan penelitian ini   dua siklus , masing-masing siklus kegiatannya adalah ; perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II Nilai motivasi belajar rata-rata 81,9  dengan motivasi klasikal 85,7 dan hasil belajar rata-rata individual 83 dengan ketuntasan klasikal 83 % .  Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu indicator motivasi dan hasil belajara sesuai   KKM  ( ≥ 78) .  Karena indikator keberhasilan telah tecapai maka peneltian dicukupkan pada siklus II.


Keywords


Motivasi, Hasil Belajar metode PBL

Full Text:

PDF

References


Arikunto.Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Rine Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.

___________. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Depdikbud.

Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Nasution S., 2001. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Slameto.1995, "Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya", Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

https://silabus.org/problem-based-learning




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats