ANALISIS PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN PADA UMKM DI KOTA MATARAM

Desi Suryati, Baiq Salkiah

Abstract


Peranan UMKM terutama sejak krisis moneter tahun 1997 dapat dipandang sebagai media penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi nasional. Selain sebagai salah satu alternatif penyediaan lapangan kerja baru, UMKM berperan baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan sebagai program pengentasan kemiskinan maupun penyerapan tenaga kerja. UMKM sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di indonesia. UMKM dapat menyerap banyak tenaga kerja yang masih menganggur, selain itu mereka juga memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang potensial di suatu daerah yang belum diolah secara komersial. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkah hasil penelitian maka capaian pada masing masing program berdasarkan data yang diperoleh, pada Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM pada tahun 2018 rata rata mencapai 100%. Ini menunjukkan bahwa program yang dijalankan pada dinas perindustrian, koperasi dan UMKM memenuhi target yang ingin dicapai. Sebagai OPD yang menjalankan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM dihadapkan pada permasalahan seperti jenis usaha yang jalankan oleh UMKM. Munculnya permasalahan ini disebabkan oleh pola pikir masyarakat yang selalu mengikuti trend sehingga memudahkan mereka untuk mengganti jenis usahanya menjadi berbeda dari jenis usaha yang dilaporkan sebelumnya. Selain itu penyebab permasalahan yang lainnya adalah karena kuram maksimal pemahaman pelaku usaha pada penyerapan dan penggunaan IT secara maksimal akibatnya mengandalkan sistem penjualan yang masih bersifat konvensional.Berangkat dari permasalahan ini maka stategi yang dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan analisa perilaku konsumen dan permintaan pasar, Sosialisasi, memaksimalkan  pelaksanaan bimtek baik untuk kemudahan dalam mendpatkan modal usaha bagi UMKM maupun bimtek penggunan IT secara maksimal. Serta memberikan pemahaman bahwa masyarakat sadar ada sebuah lembaga yang mampu memfolow-up usaha yang dijalankannya agar menjadi berkembang dan mandiri. Strategi pelaksanan  dapat dilakukan melalui mekanisme yang  dilakukan dalam tahapan (1) Melakukan pemetaan potensi, pendataan dan kebutuhan masyarakat di 6 kecamatan yang ada di kota mataram untuk memperoleh gambaran jumlah UMKM yang belum berkembang, yang membutuhkan  pembinaan dan keterampilan serta pembinaan kebutuhan akses modal. Pendataan ini berfungsi untuk menggali kebutuhan masyarakat sekaligus untuk mensosialisasikan keberadaan lembaga yang bisa membantu pelaksanaan pengembangan usaha bagi pengusaha kecil atau rumah tangga.(2) Hasil pendataan dapat dijadikan sebgai sasaran objek dalam pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang ada di pemerintahan daerah Kota Mataram.(3) Menyesuaikan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan kebutuhan masyarakata khususnya yang menjalankan usaha kecil atau UMKM.


Keywords


Program Pemberdayaan, Ekonomi Kerakyatan & UMKM.

Full Text:

PDF

References


BPS Provinsi NTB, Mataram dalam angka 2018. Mataram

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Penerjemah: Samodra Wibawa. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Mahidin, Eddy. (2006). Pemberdayaan Perempuan Miskin Pada Usaha Kecil di Perdesaan Melalui Layanan Lembaga Keuangan Mikro.www.ugm.ac.id.

Perda No 3 tahun 2014 tentng pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

PP No 32 tahun 1998 tentang pegembangan dan pembinaan Usaha Kecil

Rukminto, Bachtiar. (2008). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Program Pengembangan Labsite Pemerdayaan Masyarakat. (Online). ww.ejournal.unair.ac.id.

Sumodiningrat, G .1996. Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

UU No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i12.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats