ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL MATERI PADA PELATIHAN KELUARGA SEHAT

Mustika Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi tingkat kesulitan butir soal materi yang disampaikan pada Pelatihan Keluarga Sehat. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah soal pada pembahasan tentang: (1) Pelayanan Gizi; (2) PelayananKIA; (3) Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular  (4) Sanitasi  lingkungan; (5) Komunikasi efektif dan (6) Manajemen Data. Teknik analisis yang  digunakan dalam penelitian  ini ada  2 (dua)  yaitu:  (1) Analisis statistik deskriptif;   (2) Teknik  analisis proporsi menjawab  benar   dalam  analisis tingkat   kesukaran  (difficulty level).  Hasil   analisis menunjukkan bahwa tingkat kesulitan butir soal memiliki proporsi yang hampir sama untuk soal yang sulit, cukup sulit dan mudah dengan proporsi:(1) 33 persen butirsoal dalam kategori mudah; (2) 32 persen butir soal dalam kategori cukup sulit; dan (3) 35 persen butir soal  dalam kategori sulit (sukar) .Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa soal-soal tersebut dapat dikatakan ideal sebagai soal latihan

Keywords


Tingkat kesulitan, Butir Soal, Keluarga Sehat.

Full Text:

PDF

References


Asmawi Zainul dan Noehi Nasoetion. 1997.Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.

Suharsimi Arikunto. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Suryabrata,S.1999.Pengembangan Alat Ukur Psikologis.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats