PENGARUH MISE EN PLACE TERHADAP MUTU PELAYANAN RESTAURANT DI PULAU LOMBOK

Muharis Ali, Murianto Murianto

Abstract


Pulau Lombok mendapatkan Penghargaan internasional World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon yang diselenggarakan di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi, UEA pada tahun 2015. tahun 2013 jumlah kunjungan mencapai 1.357.602 dan pada tahun 2014 jumlah kunjungan mencapai angka 1,6 juta pengunjung dengan rincian 752.306 wisatawan mancanegara dan 876.816 wisatawan nusantara. Dengan kunjungan wisatawan yang terus mengalami peningkatan maka Lombok tidak hanya akan dijadikan sebagai destinasi wisata, akan tetapi mempunyai potensi untuk dijadikan lahan bisnis komersial di bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Restaurant memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi industri parwisata karena Restaurant akan mensupport dunia kuliner. Mise en place adalah bagian dari MICE yang berkaitan dengan pelayanan dan mutu. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Mise en place di Restaurant terhadap mutu pelayanan dengan sampel Restaurant yang ada di Pulau Lombok. Tahapan dalam penelitian ini adalah menentukan sampel penelitian dari narasumber yang competen di bidang Mice en Place dalam hal ini adalah waiter/waiteriss pada saat breakfast. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan kuisioner yang telah disiapkan dan selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini  mendapatkan hasil luaran HKI yang terdaftar di www.dgip.go.id.  Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh mise en place terhadap mutu pelayanan Restaurant di pulau lombok sangatlah berpengaruh yang dapat dilihat dari kualitas  pelayanan  jasa karyawan waiter/waiteriss dan tanggapan tamu terhadap penilaian kualitas pelayanan jasa pada Restaurant  di Pulau Lombok.


Keywords


Mise en place; MICE; Restaurant; Mutu Pelayanan dan Pulau Lombok.

Full Text:

PDF

References


Masyhudi, L., & Khalik, W. (2018). PENENTUAN RUTE WISATA MINIMUM DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA DIJKSTRA. Media Bina Ilmiah, 12(12), 689–698.

Ninemeier, jack D & Hayes, David K. 2011. Restaurant operation management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Wati, Dian E. 2012. Peran Mice Dalam Mendukung Perkembangan Industri Pariwisata Di Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Gisslen, Wayne. 2011. Professional Cooking 6th Edition . New Jersey: John Wiley

& Sons, Inc.

Valentino Mote. 2016. Mise En Place Di Kitchen Jack Runner Roastery Bandung. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

I Gede Nyoman Triastana Adi Putra. 2013. Strategi Pemasaran Produk MICE di Patra Jasa Bali Resort & Villas. Bali: STP Bali.

Junaedi. 2016. Strategi Pengembangan Bisnis Mice Untuk Mewujudkan Kota Surakarta Sebagai Kota Mice. Hotelier Jurnal. Vol.1 No. 3 Juni 2016.

Prayudi, M Agus. 2011. Bisnis MICE Sebagai Potensi Unggulan Pariwisata di Yogyakarta. Jurnal Pariwisata. Vol 2 No 2, September 2011.

Kamus Besar Bahasa Indonesia 2012-2015. “Arti Kata Sekolah Tinggi”, (Online), (Kamus

Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online - arti kata sekolah, diakses 8 September 2015 pukul 1.58).

Chaplin, J. P. 2009, Dictionary of Psychology, (Terjemah. Kartini Kartono) Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Philip, 2009. Manajemen Pemasaran. (Ahli Bahasa : Hendra Teguh dan Ronny A Rusli). Edisi Millenium, PT. Prenhallinda, Jakarta.

Zeithaml, V. Parasuraman and Berry L A. 2011. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49.(Spring).

Bai, Lient-T., and Chiao, Yu-Ching. 2011. An Integrated Model For The Effects of Perceived Product, Perceived Service Quality and perceived Price fairness on Consumer Satisfaction and Loyality. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior. vol.14,p.125141.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats