PENGEMBANGAN MATAPENCAHARIAN ALTERNATIF BERBASIS PENERAPAN TEKNOLOGI SEDERHANA OLEH PEREMPUAN PESISIR AMPENAN

Siti Yulianah M. Yusuf

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Matapencaharian Alternatif Berbasis Penerapan Teknologi Sederhana oleh Perempuan Pesisir Ampenan” yang bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Matapencaharian Alternatif Berbasis Penerapan Teknologi Sederhana oleh Perempuan Pesisir Ampenan, bagaimana perempuan pesisir dapat membaca peluang pasar dengan mencari matapencaharian alternatif untuk membantu perekonomian keluarga nelayan dengan memanfaatkan teknologi sederhana yang tersedia disekitar mereka, ditengah keterbatasan ekonomi keluarga.

Penelitian dilakukan di pesisir Ampenan, dengan mengambil sampel di Kelurahan Banjar dan Bintaro, Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Mengingat di kedua kelurahan tersebut jumlah masyarakat dengan matapencaharian sebagai nelayan cukup banyak. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perempuan pesisir yang merupakan istri dari nelayan di pesisir Ampenan. Sampel diambil dalam penelitian, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Target luaran penelitian ini adalah berupa jurnal ilmiah nasional terakreditasi sebagai kontribusi dan referensi bagi mata kuliah Manajemen Pemasaran dan Kewirausahaan. Secara praktis, penelitian ini diharapkan bisa menjadi tambahan informasi bagi perempuan pesisir tentang pengembangan matapencaharian alternatif  berbasis penerapan teknologi sederhana untuk meningkatkan perekonomian keluarga nelayan dan masukan bagi Pemerintah Daerah di wilayah Ampenan. Pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungan untuk mendorong peningkatan berupa pemberian pelatihan bagi masyarakat pesisir dalam mengolah hasil laut menjadi komoditas bernilai ekonomi tinggi serta bagaimana memasarkan produk hasil olahan mereka.


Keywords


Mata Pencaharian Alternatif, Penerapan Teknologi Sederhana, Perempuan Pesisir.

Full Text:

PDF

References


Kusnadi,2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Pusat Penelitian Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Lembaga Penelitian Universitas Jember,Penerbit: Ar-Ruzz Medi, Yogyakarta.

https://mataramkota.bps.go.id/.../kecamatan-ampenan-dalam-angka.

Dahuri. R, dkk. 2004. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Edisi Revisi. Jakarta.

Lubis, Yurial Arief. 2014. Studi Tentang Aktivitas Ekonomi Mayarakat Pesisir Pantai Pelabuhan Kuala Langsa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA. Vol.2. 133-140.

Ekadianti, Martia. 2014. Analisis Pendapatan Istri Nelayan dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro: Semarang.

Acheson. 1991. Wanita dan Perekonomian Rumah Tangga Nelayan, Jakarta: UI Prets

Ihromi, T.O. 1990. Para Ibu yang Berperan Tunggal dan yang Berperan Ganda. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Moses, I.C. 1992. Gender dan pembangunan. Jakarta: Pustaka Fajar.

Holleman. 1971. Kedudukan Hukum Wanita Indonesia dan Perkembangan di India Belanda. Jakarta: Bratama.

Beti, Bentian. 2016. Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Taraf Hidup Keluarga di Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, http: Portal Garuda.co.id.

Putri, A Indira. 2016. Peran dan Strategi Istri Nelayan dalam Membangun Ekononomi Keluarga dan Komunitasnya di TPI Asemdoyong dan Tanjungsari, Kabupaten Pamalang Indonesia. Skripsi.Fakultas Ekonomika danBisnis.Universitas Diponegoro : Semarang.

https://id.m.wikipedia.org

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Hancock, B. 2002. An Introduction to Qualitative Research. Trent Focus Group. University of Nottingham.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats