PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI SITUS CANDI DIENG UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KESEJARAHAN SISWA SMA NEGERI 1 RUMBIA

Rulianto rulianto, Febri Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah yang selama ini di gunakan di SMA Negeri 1 Rumbia. 2) Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Candi Dieng Untuk Meningkatkan sikap kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Rumbia. Dan 3) mengetahui efektivitas media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Candi Dieng Untuk Meningkatkan sikap kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Rumbia. Penelitian dan pengembangan (Research & Development) ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gorl serta Sugiyono. Model hepotetik yang digunakan mengadopsi model ADDIE dari Molenda. Tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan media pembelajaran, dan uji efektivitas media pembelajaran. Analisis data kelayakan media menggunakan skala Likert dengan rentang 5 dan uji efektivitas media pembelajaran menggunakan uji T. Berdasarkan hasil uji T pree-tes dan post-tes tes prestasi kelas eksperimen diperoleh nilai  6,105 dengan signifikasnsi 0,000 > 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media yang dikembangkan.  Uji T untuk tes sikap kemampuan berpikir historis siswa diperoleh nilai 5,222 dengan taraf signifikansi  0,000 > 0,05 yang berarti rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi situs candi Dieng yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan berpikir historis siswa.

Keywords


Media Visualisasi, Sikap Kesejarahan, Situs Candi Dieng

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta : UNS Press.

Asyard, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Hamalik. Oemar. (1986). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta Selatan : REFRENSI (GP Press Group).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Heri. 2014. Penggunaan Media yang Mampu Menciptakan Pengalaman Belajar yang Bermakna. Bandung : Alfabeta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif, Prenatal Media Grup




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i6.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats