PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PERHOTELAN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM TERHADAP HOUSEKEEPING DEPARTMENT

Rizal Kurniansah, Sri Wahyunigsih

Abstract


Housekeeping department (HK) merupakan salah satu department yang ada di hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membersihkan, merapikan dan merawat seluruh area hotel baik area indoor maupun outdoor. Besarnya beban kerja housekeeping tersebut maka HK terbagi ke dalam beberapa section antara lain room section, public area section, laundry section dan linen section. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa STP Mataram terhadap housekeeping department dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa STP Mataram terhadap proses belajar pada mata kuliah housekeeping department. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 133 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.

Berdasarkan hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap housekeeping department yaitu baik dengan skor rata-rata yaitu 3,73. Akan tetapi mahasiswa cenderung tidak tertarik untuk bekerja di bagian HK, hal tersebut terbukti dengan hasil penilaian dengan skor 2,13 yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan tidak setuju untuk bekerja di housekeeping department. Sedangkan persepsi mahasiswa/i terhadap proses belajar pada mata kuliah housekeeping department yaitu baik dengan nilai rata-rata 3,78. Hal tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi para dosen pengampu kuliah untuk mempertahankan kualitas proses belajar mengajar, bahkan semakin ditingkatkan lagi agar mahasiswa lebih tertarik untuk menekuni dunia housekeeping.


Keywords


persepsi, mahasiswa, departemen housekeeping

Full Text:

PDF

References


Hadi, Wisnu dan Wulanto, Risky Wakyu. 2014. Peranan Housekeeping Dalam Usaha Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Kebersihan Kamar Pada Housekeeping Departemen Di Sagan Huis Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 5 (1):55

Hadiyanto dan Yuanita, Suzyant. 2010. Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Nokia Life Tool Sebagai Inovasi Media Informasi Pertanian. Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. Vol 4 (3): 366-379.

Parsidi. 2004. Pentingnya Housekeeping Bagi Suatu Hotel. Jurnal Media Wisata. Vol 2 (2) : 17.

Soepomo, Soenartomo. 2011. Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Terhadap Program Kewirausahaan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 13 (1): 1-7.

Thoha, Miftah. 2003, Perilaku Organisas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yulianto dan Damayanti, Weningtyas. 2014. Peranan Housekeeping Dalam Menangani Komplain Untuk Memberikan Kepuasan Tamu Di Mawar Asri Hotel Jogja. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 5 (2) : 64.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats