PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK RANGSANG GAMBAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 19 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Any Suhartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis teks berita  dan peningkatan hasil belajar peserta didik  kelas VIII A  SMPN  19  Mataram semester ganjil tahun pelajaran  2018/2019   melalui pembelajaran  menggunakan teknik rangsang gambar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelas VIII A SMP Negeri  19 Mataram sebanyak 30 orang, sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  kemempuan peserta  didik menulis teks berita dan hasil belajar  Bahasa Indonesia  Peserta didik kelas VIII A SMP Negeri  19 Mataram Semester ganjil  tahun  pelajaran   2018/2019, dengan menggunakan Teknik rangsang gambar dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah, Menulis teks berita sebanyak  25 orang tuntas atau 83.33 % siswa mampu menulis teks berita, dengan rata-rata 81  hal ini sebanding dengan  hasil belajar 86.67% rata-rata 80,5.dan respon  siswa  76.67 % positif.  capaian kemampuan menulis Teks berita dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN  19  Mataram sebesar 75.  Meningkatnya kemampuan  Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan Teknik rangsang gambar hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada yakni  4,27  pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai

Keywords


Menulis Teks berita , Hasil belajar Bahasa Indonesia & Teknik Rangsang Gambar

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian: Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

_ . 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafind

Daeng, Nurjamal dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dianayanti, Luh Desy. 2009. Implementasi Pendekatan Proses Berbasis lingkungan untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Menulis Siswa Kelas IV SDN 6 Banjar Jawa Singaraja, tesis. Singaraja: PPs Undiksha (tidak terbit).

Djuroto, Totok. 2003. Teknik Mencari dan Menulis Berita. Semarang: Dahar Prize.

Hamzah , Uno B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Sugiono. 2010. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Anonim. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Pembelajaran gambar)

(https://www.materibindo.com/2018/05/pengertian-teks-berita.html)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats