APAKAH TECHNOLOGY SELF EFFICACY DAN DIGITAL MARKETING TOURISM BERDAMPAK PADA PENGEMBANGAN DESA WISATA

Hanifa Maulani Ramadhan

Abstract


Masih adanya permasalahan pada pengembangan desa wisata dari segi sumber daya manusia yang mumpuni dalam pengelolaan, teknologi, dan pemasaran di era industry 4.0 ini menjadi alasan adanya penelitian ini. Alasan lainnya adalah hasil panen yang berlebih belum berhasil dipasarkan dengan baik dan belum banyak informasi untuk wisatawan terkait adanya desa wisata. Penelitian dilakukan di dusun princi, desa gedongkulon, kabupaten malang. Penelitian ini meneliti keyakinan diri masyarakat dalam beberapa peran media sosial. Media sosial menjadi fokus media teknologi pemasaran yang diteliti., apalagi wisatawan yang berada pada generasi milineal adalah pengguna aktif media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait sejauh mana dampak dengan technology self efficacy dan digital marketing tourism pada perkembaangan desa wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilnya keyakinan diri masyarakat dusun princi bahwa media sosial memperluas jangkauan pasar wisata, digunakan sebagai perencanaan perjalanan wisata, selama perjalanan wisata, evaluasi perjalanan wisata, memperkuat promosi dan komunikasi dengan konsumen, dan untuk distribusi produk pariwisata belum terbangun. Dikarenakan belum memiliki arah pemasaran yang terukur pada pemasaran desa wisata, masyarakat belum berani mengambil resiko dengan menggunakan teknologi baru untuk pemasaran produk desa wisata. Hasil penelitian ini sebagai acuan penerapan media sosial sebagai media digital marketing untuk menarik wisatawan terutama pada generasi milineal.

Keywords


Technology Self Efficacy, Milineal, Digital Marketing, Industry 4.0 & Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


HIEU, VU MINH dan IDA RASOVSKA. 2017. Craft villages and tourism development, a case study in Phu Quoc island of Vietnam. De Gruyter Open, Management 2017 Vol. 21, No. 1 ISSN 1429-9321

Carlos Costa dan Dimitrios Buhalis. 2006. Tourism Management Dynamics. Routledge: New York

BPS Kabupaten Malang. Jumlah Penduduk Kabupaten Malang. malangkab.bps.go.id. Pada 12 Juli 2019.

Wedanthara, Arya. 2019. Jumlah Wisatawan Kabupaten Malang Naik 10,27 Persen. Pada 12 Juli 2019. https://www.timesindonesia.co.id/read/200115/20190210/152322/jumlah-wisatawan-kabupaten-malang-naik-1027-persen/

Utomo, Selamet Joko dan Bondan Satriawan. 2017. STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG. Neo-Bis, Volume 11, No.2.

“Laporan Survei Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet di Indonesia”. 2018. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII). Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia.

Wang, S. and Xu, H. (2015), “Influence of place-based senses of distinctiveness, continuity, self-esteem and self-efficacy on residents’ attitudes toward tourism”, Tourism Management, Vol. 47, pp. 241-250.

Fatima, Johra Kayeser, Parvez Ghandforoush, Mahmood Khan, dan Rita Di Masico. 2017. Role of innovativeness and self-efficacy in tourism m-learning. TOURISM REVIEW VOL. 72 NO. 3 2017, pp. 344-355, © Emerald Publishing Limited, ISSN 1660-5373

Kenny, R.F., Van Neste-Kenny, J.M., Burton, P.A., Park, C.L. and Qayyum, A. (2012), “Using self-efficacy to assess the readiness of nursing educators and students for mobile learning”, The International Review of Research in Open and Distributed Learning, Vol. 13 No. 3, pp. 277-296.

Lam, T., Cho, V. and Qu, H. (2007), “A study of hotel employee behavior intentions towards adoption of information technology”, International Journal of Hospitality Management, Vol. 26 No. 1, pp. 49-65.

Huh, H.J., Kim, T.T. and Law, R. (2009), “A comparison of competing theoretical models for understanding acceptance behavior of information systems in upscale hotels”, International Journal of Hospitality Management, Vol. 28 No. 1, pp. 121-134.

Puwana, Dedi ES, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol. 1 No. 1 Juli 2017

Bandura, A, 1986. Social foundations of thought and action. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall

Bandura, A. (1994). Self Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, 77-81). New York: Academic Press

Dolnicar, S. (2005), “Understanding barriers to leisure travel: tourist fears as a marketing basis”, Journal of Vacation Marketing, Vol. 11 No. 3, pp. 197-208.

Reichel, A., Fuchs, G. and Uriely, N. (2007), “Perceived risk and the non-institutionalized tourist role: the case of Israeli student ex-backpackers”, Journal of Travel Research, Vol. 46 No. 2, pp. 217-226.

Quintal, V. and Phau, I. (2015), “The role of movie images and its impact on destination choice”, Tourism Review, Vol. 70 No. 2, pp. 97-115.

Sugmawati, Dwi dan Tri Wulida Afrianty. 2018. Pengaruh Self Efficacy Terhadap In-Role Performance Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderator (Studi pada Karyawan Bank Central Asia KCU Borobudur Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 61 No. 4 Agustus 2018

Horzum, M. B., & Çakır, Ö. (2009). Çevrim içi teknolojilere yönelik öz-yeterlik algısı ölçeği Türkçe formunun geçerlik ve güvenirlik çalışması [Technology for online self-efficacy scale reliability and validity of the Turkish form]. Kuram ve Uygulamada Eğitim Bilimleri Dergisi, 9(3), 1327-1356.

Ozerbas, Mehmet dan Bilge Has Erdogan. 2016. The Effect of the Digital Classroom on Academic Success and Online Technologies Self-Efficacy. Educational Technology & Society, 19 (4), 203–212.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .

Brindle, F. (2017). The impact of digital marketing disruption on the localization industry. Multilingual, 44-47.

Smith, K.T. (2012). Longitudinal study of digital marketing strategies targeting millennials. Journal of Consumer Marketing, 29 (2), 86–92

Martin, E.J. (2017). The state of digital marketing. EContent, 17-18.

Zhu, Yu Qian and Chen, Houn Gee. 2015 Social Media and Human Need Satisfaction: Implications for Social Media Marketing. Business Horizons 58(3). March 2015

Wijaya , Stevanus Wisnu. 2016. Media Sosial bagi Desa Wisata: Sebuah Kajian Konseptual. Media Teknika Jurnal Teknologi Vol. 11, No. 1, Juni 2016

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Memilih Diantara Lima Pendekatan, Edisi Ketiga. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats