DAMPAK PEMBANGUNAN VILA DI KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG

I Putu Budiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan vila terhadap ekonomi, sosial budaya dan lingkungan Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan vila di Kecamatan Kuta Utara dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat, tetapi memberikan beberapa dampak negatif terhadap sosial budaya masyarakat dan lingkungan Kecamatan Kuta Utara. Secara ekonomi, pembangunan vila dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengurangi jumlah pengangguran, membuka lapangan pekerjaan seperti bekerja di home stay, penyewaan papan selancar, panti pijat (massage) dan pedagang acung. Dampak sosial budayanya adalah dapat menurunkan tingkat kegotongroyongan masyarakat, terjadi degradasi budaya, harga tanah menjadi mahal, gangguan sosial, penyebaran obat terlarang, dan perdagangan sex. Dampak lingkungannya meliputi alih fungsi lahan pertanian, abrasi pantai, polusi air, banjir, serta limbah dan sampah. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada seluruh sektor pariwisata di Kabupaten Badung mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk bekerja sama dalam perencanaan dan pengembangan pariwisata supaya pariwisata dapat berkelanjutan.


Keywords


pembangunan, vila, kecamatan Kuta Utara.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2007. Buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Tesis, dan Desertasi. Denpasar: Universitas Udayana.

Mardani, N.K. ----------. ”Daya Dukung Lingkungan Fisik dalam Pengembangan Pariwisata Budaya Berkelanjutan di Bali” dalam Ardika, I Wayan. 2003. Pariwisata Budaya Berkelanjutan Refleksi dan Harapan di Tengah Perkembangan Global. Denpasar: Universitas Udayana.

Marpaung, H. 2001. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung : Alfabeta.

Monografi Kecamatan Kuta Utara Tahun 2011.

Pitana, I G & Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Sandi Adnyana, I Wayan dan Suarna, I Wayan. ---------. ”Permasalahan dan Kerusakan Lingkungan Hidup” dalam Dalem, A.A.G.R. 2007. Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Lingkungasn Hidup. Denpasar: Universitas Udayana

Sirtha, I Nyoman. 2005. ”Kebijakan Pembangunan Pariwisata Sebagai Program Unggulan” dalam Majalah Ilmiah Pariwisata. No. 01/Th. I/Juni/2005. Denpasar: Universitas Udayana.

Sugiyono., 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Tim Tourism Field Study. 2006. Eksistensi dan Esensi Vila dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Badung. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats