KOMPLEKSITAS EVALUASI SISTEM INFORMASI ELEKTRONIC GOVERNMENT DITINJAU DARI SUDUT PANDANG PUBLIK

Heru Rochmansjah

Abstract


Bidang e-government berkembang dengan pesat dibandingkan dengan  bidang penelitian lainnya. Seperti evaluasi semua sistem informasi lainnya, evaluasi e-government dalam teori dan praktik terbukti penting tetapi kompleks. Kompleksitas evaluasi sebagian besar disebabkan oleh berbagai perspektif yang terlibat, kesulitan mengukur manfaat, dan konteks sosial dan teknis penggunaan. Pentingnya evaluasi e-government adalah karena investasi yang sangat besar dari pemerintah dalam memberikan layanan e-government, dan laju pertumbuhan yang besar dalam bidang e-government. Namun, terlepas dari pentingnya evaluasi layanan e-government, literatur menunjukkan bahwa evaluasi e-government masih merupakan area yang belum matang dalam hal pengembangan dan manajemen. Pekerjaan ini adalah bagian dari upaya penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan kerangka evaluasi holistik untuk sistem e-government. Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk menyelidiki perspektif publik dalam mengevaluasi layanan e-government, dan menyajikan serangkaian faktor evaluasi yang memengaruhi pemanfaatan warga terhadap layanan e-government. Faktor-faktor evaluasi ini dapat berfungsi sebagai bagian dari kerangka evaluasi e-government. Selain itu, faktor-faktor evaluasi juga dapat digunakan sebagai sarana memberikan umpan balik yang berharga untuk perencanaan inisiatif e-government di masa depan.

Keywords


E-Government, Perspektif Publik, Evaluasi, Kerangka Evaluasi & Faktor Evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Anthopoulos, L. G., Siozos, P., & Tsoukalas, I. A. (2007). Applying participatory design and collaboration in digital public services for discovering and re-designing e-Government services. Government Information Quarterly, 24(2), 353-376.

Ballantine, J., Levy, M., & Powell, P. (1998). Evaluating information systems in small and medium-sized enterprises: issues and evidence. European journal of information systems, 7(4), 241-251.

Bannister, F., & Remenyi, D. (2000). Acts of faith: instinct, value and IT investment decisions. Journal of information Technology, 15(3), 231-241.

Bouckaert, G., & Van Dooren, W. (2002). Performance measurement: Getting results. Public Performance & Management Review, 25(3), 329-335.

Calisir, F., & Calisir, F. (2004). The relation of interface usability characteristics, perceived usefulness, and perceived ease of use to end-user satisfaction with enterprise resource planning (ERP) systems. Computers in human behavior, 20(4), 505-515.

Curtin, G. G. (2006, July). Issues and challenges: Global e-government/e-participation, models, measurement and methodology. In Workshop on E-Participation and E-government: Understanding the Present and Creating the Future (pp. 27-28).

Foley, P. (2005). The real benefits, beneficiaries and value of e-government.

Irani, Z., Ezingeard, J. N., Grieve, R. J., & Race, P. (1999). A case study strategy as part of an information systems research methodology: a critique. International Journal of Computer Applications in Technology, 12(2-5), 190-198.

Jones, S., Hughes, J., Ferneley, E., & Berney, B. (2001). Interpretive IS evaluation: Situated networks of knowledge. AMCIS 2001 Proceedings, 272.

Jyoti, C., & Yogesh, D. (2005). A Survey Of Citizens’awareness And Adoption Of E-Government Initiatives, The ‘Government Gateway’: A United Kingdom Perspective. Iseing. Org, 5, 1-13.

Lin, F., Fofanah, S. S., & Liang, D. (2011). Assessing citizen adoption of e-Government initiatives in Gambia: A validation of the technology acceptance model in information systems success. Government Information Quarterly, 28(2), 271-279.

Mayayise, T., & Osunmakinde, I. O. (2014). E-commerce assurance models and trustworthiness issues: an empirical study. Information Management & Computer Security.

OECD (2003) The e-Government Imperative: Main Findings. Organisation for Economic Cooperation and Development [Online]. Available at: www.oecd.org/dataoecd/60/60/ 2502539.pdf

Valente, T. W. (1995). Network models of the diffusion of innovations (No. 303.484 V3).

Vessey, I., Ramesh, V., & Glass, R. L. (2002). Research in information systems: An empirical study of diversity in the discipline and its journals. Journal of management information systems, 19(2), 129-174.

Wang, L., Bretschneider, S., and Gant, J. (2005) "Evaluating Web-Based E-Government Services with a Citizen-Centric Approach," Proceedings of 38th Annual Hawaii International Conference on Systems Sciences, Big Island, Hawaii.

World Markets Research Centre & Brown University,(2001) Global e-government Survey 2001. Available at: http://www.worldmarketsanalysis.com/pdf/e-govreport.pdf

Zuiderwijk, A., & Janssen, M. (2014). Barriers and development directions for the publication and usage of open data: A socio-technical view. In Open government (pp. 115-135). Springer, New York, NY.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats