PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A SMP NEGERI 13 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis cerpen dan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX A SMPN 13 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 melalui pembelajaran menggunakan Media Gambar Berseri. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelasIX A SMP Negeri 13 Mataram, Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemempuan peserta didik menulis cerpen dan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas IX A SMP Negeri 13 Mataram Semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017, dengan menggunakan Media gambar berseri dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah,rata-rata pada siklus I, 75 dengan ketuntasan klasikal 48 %,dan 75,25 dengan capaian klasikal 51,28 meningkat menjadi rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 80,05% , dan hasil belajar rata-rata 79.81 dengan capaian klasikal 84.62 pada siklus II., capaian kemampuan menulis cerpen dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 13 mataram sebesar 75. Meningkatnya kemampuan Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran Media gambar berseri hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,15, menjadi 4,1 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Al Muchtar, S. (2002). Analisis Pembaharuan Kurikulum Pendidikan BAHASA INDONESIA. Makalah pada Seminar Nasional dan Musda I HISPISI Jawa Barat, UPI Bandung, 31 Oktober 2002.
Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran BAHASA INDONESIA. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.
Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.
Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
(https://id.wikipedia.org/wiki/ Pembelajaran Media gambar berseri)
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats