PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI HARD SKILL, SOFT SKILL DAN PENGALAMAN KERJA PADA PT. ERAJAYA (ERAFONE) DI MALANG TAHUN 2019

Wahyuni Sri Astutik, Mochamad Aeng Yuda Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kinerja karyawan/tenaga penjualan melalui Hard skill, Soft skill dan pengalaman kerja pada PT Erajaya (Erafone) di  Malang. Jenis dan pendekatan penelitian menggunakan deskriptif  kualitatif. Obyek pada penelitian ini adalah PT Erafone (tiga gerai) di Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Upaya yang dilakukan manajemen PT. Erajaya (Erafone) dalam meningkatkan kinerja karyawan   dimulai dari tahap  rekrutmen dengan memilih karyawan  lulusan SMA/SMK yang berprestasi dan mempunyai kemampuan  komunikasi  serta mengutamakan yang telah berpengalaman kerja. (2) Setelah diterima  PT. Erajaya (Erafone), melakukan orientasi  memberikan pelatihan, pembinaan secara rutin, memberi bonus sebagai motivasi, monitoring dan pemeliharaan. Upaya tersebut membuahkan hasil, tenaga penjualan di perusahaan Erajaya/Erafone mampu meningkatkan kinerjanya dalam hal ini dapat mencapai volume penjualan diatas target perusahaan .


Keywords


Hard skill, Soft skill, Pengalaman Kerja & Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anglin, K. A. Stolman, J. J. Gentry, J. W. (1990) , The Congruence of Manager Perception of Salesperson Performance and Knowledge–Based Maesture of Adaptive Selling. Journal of Personal Selling &Sales Management Vol X.p 81-90

Arikunto, S. 2016. Metode penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristrarini, L., dkk, 2014. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada bagian Pemasaran pada PT Ardira Finance Singaraja. Jurnal Jurusan Manajemen 2 (1).

Baldauf, A., Cravens, D.W., Piercy (2001) Eximining Business Strategy Sales Management and Salesperson Antecedent of Sales Organisation Effectiveness. Journal of Personal Seliing & Sales Management, Vol XX1.No 2. P 109-122

Basir, S. 2011. Soft skill vs Hard skill. Jakarta Timur. Kantor Akuntansi Publik Syarif Basir dan Rekan.

Efindri, dkk.2011. Soft skill untuk Pendidikan. Jakarta Baduosa Media.

Foster Bill. 2001. Pembinaan untuk Kinerja Karyawan. PPM Jakarta.

Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogjakarta BPFE.

Mangkunegara, Anwar Prabu 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia

Edisi pertama , cetakan pertama. Bandung Rafika Aditama.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuanlitatif dan Kualitatif dan RD Bandung Alfabeta.

Sedarmayanti, 2016. Menejemen Sumber Daya Manusia.Refika Aditama Bandung

Thoha, Miftah . 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta PT, Raja Grafinda Jakarta.

Wahyuni, 2016. Pengaruh Hard skill dan Soft skill terhadap kinerja pegawai pada dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Fak Ekonomi &Bisnis Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Wibowo, Wahyu. 2011. Manajemen Kinerja Yogjakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats