MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONPES USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH LOMBOK TENGAH
Abstract
Manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship menjadi dinamika tersendiri bagi dunia pesantren dewasa ini. Bahkan banyak terdapat pondok pesantren yang pada saat ini mampu bertahan mengembangkan pondoknya dengan bertumpu pada sumber daya yang mereka miliki terutama dalam mewujudkan kemandirian santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah termasuk kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship guna mewujudkan kemandirian santri di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informen dengan memberikan sejumlah pertanyaan (kuesioner) kepada informen dan data sekunder dari instansi terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara logis, sistematis yang meliputi tiga tahap yaitu data reduction,data display, conclusion drawing. Hasil penelitian ini adalah manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship dalam mewujudkan kemandirian santri di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah dilakukan dengan cara melakukan planning seperti merumuskan program prioritas, merumuskan tujuan yang ingin dicapai dan menyesuaikan program dengan kebutuhan pondok pesantren, melakukan organizing seperti menempatkan seseorang sesuai dengan bidang keahliannya, menggerakkan (actuating) seperti pengembangan kurikulum, pengembangan sarana dan sumber belajar termasuk pembinaaan keterampilan dan kemandirian santri seperti keterampilan computer, keterampilan menjahit, keterampilan berbahasa arab dan derbahasa inggris, keterampilan membuat kaligrafi, keterampilan melukis dan potografer, tilawah, muzakarah dan tahajjud bersama guna mewujudkan kemandirian santri. Kemudian melakukan controling dan evaluasi. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya motivasi belajar santri dalam pembelajaran di pondok pesantren, ketidakdisiplinan santri dalam pembelajaran di pondok pesantren, kurangnya perhatian orang tua santri terhadap belajar anak. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan motivasi belajar pada santri, menanamkan kebiasaan yang baik pada diri santri seperti memberikan contoh teladan yang baik, sikap hormat kepada guru, orang tua dan sesama teman, meningkatkan kedisiplinan dengan cara membuat kode etik pondok pesantren dan meningkatkan hubungan kerjasama antara pondok pesantren dan orang tua santri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Gafur, Pesantren Berbasis Wirausaha-Pemberdayaan Potensi Enterpreneurship Santri di Beberapa Pesantren Kaliwungu Kendal), Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2005
Abdul Majid, dkk. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensia,PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2006
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam, PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2007
Ariep Husni Majid, Konsep Kemandirian di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Tesis, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012
Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996
Depag RI, al-qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2002
Depag, RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV. Mikroj Hazanah Ilmu, 2011
Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Pondok pesantren. Buku1-Konsep dan Pelaksanaan, Jakarta: Balitbang , 2001
Depdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tenteng Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Jendral pendidikan dan Kebudayaan, 2003
Didin Hafidudin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Prkatik, Jakarta: Gema Insani, 2003
Enung Fatimah, Psikologi Perkembangan; Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Pustaka Setia, 2006
Franken, R. E. Human Motivation, California:Cole Publishing Company, 1994
George, R. Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Imam Al-Maragi, Tafsir al-Maragi-jilid 29, Semarang: PT. Karya Thoha Putra, 1993
Jerome, S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu-Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapannya, Yokykarta: Pustaka Pelajar, 2005
John, M Echols dkk, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gema Insani, 1995
Lexy J. Moleong Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011
Mahdi, Bin Ibrahim, Amanah Dalam Manajemen, Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 1997
Muawanah, Upaya Bimbingan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mahasantri Hasyim Asy’ari Cabean Kabupaten Bantul, Tesis, Yogyakarta: UIN Sunan kalijaga, 2009
Muhaimin dkk, Manajemen Pendidikan dan Aplikasinya Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Pondok pesantren, Jakarta : Prenada Media Group, 2009
Mujammil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi
Nurdin Syafi’i, Kontribusi Pesantren dalam Mencetak Santri Mandiri”, Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008
Nurmasyithah, Manajemen berbasis entrepreneurship untuk mengelola pembiayaan pendidikan pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur, Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2007
Parker, Deborah. K. . Menumbuh Kemandirian dan Harga Diri Anak, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005
Raihani. Kurikulum Konstruktif-Pondok Pesantren Indonesia, Tesis, 2001
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Kalam Mulia , 2008
Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004
Robbin dan Coulter, Manajemen -Edisi Kedelapan, Jakarta: PT Indeks, 2007
Sindu, GulbaPesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Rineka Cipta: Jakarta, 1995
Sondang, P. Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta : CV Masa Agung, 1990
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011
Tim FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, Manajemen Pendidikan, Surakarta: Muhamadiyah University Press, 2004
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994
Uharsaputra dalam http://www.google.co.id/lahirnya dunia pondok pesantren, hmtl/2018
Yahrizal, Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: CV. Kencana Prenada Media Group, 2009
Z.Mu’tadin, Kemandirian Sebagai Kebutuhan Pada Remaja, dalam http://www.epsikologi. co.id. Diakses pada 3 Februari 2013
Zamakhsyari, Dhofier. Tradisi Pesantren-Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, LP3ES Gazali: Jakarta, 1998
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i6.419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats