MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONPES USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH LOMBOK TENGAH

Lale Yaqutunnafis, Hully Hully

Abstract


Manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship menjadi dinamika tersendiri bagi dunia pesantren dewasa ini. Bahkan banyak terdapat pondok pesantren yang pada saat ini mampu bertahan mengembangkan pondoknya dengan bertumpu pada sumber daya yang mereka miliki terutama dalam mewujudkan kemandirian santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah termasuk kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship guna mewujudkan kemandirian santri di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informen dengan memberikan sejumlah pertanyaan (kuesioner) kepada informen dan data sekunder dari instansi terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara logis, sistematis yang meliputi tiga tahap yaitu data reduction,data display, conclusion drawing. Hasil penelitian ini adalah manajemen pondok pesantren berbasis entrepreneurship dalam mewujudkan kemandirian santri di Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Putih Lombok Tengah  dilakukan dengan cara melakukan planning seperti merumuskan program prioritas, merumuskan tujuan yang ingin dicapai dan menyesuaikan program dengan kebutuhan pondok pesantren, melakukan organizing seperti menempatkan seseorang sesuai dengan bidang keahliannya, menggerakkan (actuating) seperti pengembangan kurikulum, pengembangan sarana dan sumber belajar termasuk pembinaaan keterampilan dan kemandirian santri seperti keterampilan computer, keterampilan menjahit, keterampilan berbahasa arab dan derbahasa inggris, keterampilan membuat kaligrafi, keterampilan melukis dan potografer,  tilawah, muzakarah dan tahajjud bersama guna mewujudkan kemandirian santri. Kemudian melakukan controling dan evaluasi. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya motivasi belajar santri dalam pembelajaran di pondok pesantren, ketidakdisiplinan santri dalam pembelajaran di pondok pesantren, kurangnya perhatian orang tua santri terhadap belajar anak. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan motivasi belajar pada santri, menanamkan kebiasaan yang baik pada diri santri seperti memberikan contoh teladan yang baik, sikap hormat kepada guru, orang tua dan sesama  teman, meningkatkan kedisiplinan dengan cara  membuat kode etik pondok pesantren dan meningkatkan hubungan kerjasama antara pondok pesantren dan orang tua santri.


Keywords


Manajemen, Pondok Pesantren, Berbasis Entrepreneurship & Kemandirian Santri

Full Text:

PDF

References


Abdul Gafur, Pesantren Berbasis Wirausaha-Pemberdayaan Potensi Enterpreneurship Santri di Beberapa Pesantren Kaliwungu Kendal), Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2005

Abdul Majid, dkk. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensia,PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2006

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam, PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2007

Ariep Husni Majid, Konsep Kemandirian di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Tesis, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012

Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Depag RI, al-qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2002

Depag, RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV. Mikroj Hazanah Ilmu, 2011

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Pondok pesantren. Buku1-Konsep dan Pelaksanaan, Jakarta: Balitbang , 2001

Depdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tenteng Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Jendral pendidikan dan Kebudayaan, 2003

Didin Hafidudin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Prkatik, Jakarta: Gema Insani, 2003

Enung Fatimah, Psikologi Perkembangan; Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Pustaka Setia, 2006

Franken, R. E. Human Motivation, California:Cole Publishing Company, 1994

George, R. Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Imam Al-Maragi, Tafsir al-Maragi-jilid 29, Semarang: PT. Karya Thoha Putra, 1993

Jerome, S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu-Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapannya, Yokykarta: Pustaka Pelajar, 2005

John, M Echols dkk, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gema Insani, 1995

Lexy J. Moleong Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011

Mahdi, Bin Ibrahim, Amanah Dalam Manajemen, Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 1997

Muawanah, Upaya Bimbingan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mahasantri Hasyim Asy’ari Cabean Kabupaten Bantul, Tesis, Yogyakarta: UIN Sunan kalijaga, 2009

Muhaimin dkk, Manajemen Pendidikan dan Aplikasinya Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Pondok pesantren, Jakarta : Prenada Media Group, 2009

Mujammil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi

Nurdin Syafi’i, Kontribusi Pesantren dalam Mencetak Santri Mandiri”, Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008

Nurmasyithah, Manajemen berbasis entrepreneurship untuk mengelola pembiayaan pendidikan pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur, Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2007

Parker, Deborah. K. . Menumbuh Kemandirian dan Harga Diri Anak, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005

Raihani. Kurikulum Konstruktif-Pondok Pesantren Indonesia, Tesis, 2001

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Kalam Mulia , 2008

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004

Robbin dan Coulter, Manajemen -Edisi Kedelapan, Jakarta: PT Indeks, 2007

Sindu, GulbaPesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Rineka Cipta: Jakarta, 1995

Sondang, P. Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta : CV Masa Agung, 1990

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011

Tim FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, Manajemen Pendidikan, Surakarta: Muhamadiyah University Press, 2004

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994

Uharsaputra dalam http://www.google.co.id/lahirnya dunia pondok pesantren, hmtl/2018

Yahrizal, Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: CV. Kencana Prenada Media Group, 2009

Z.Mu’tadin, Kemandirian Sebagai Kebutuhan Pada Remaja, dalam http://www.epsikologi. co.id. Diakses pada 3 Februari 2013

Zamakhsyari, Dhofier. Tradisi Pesantren-Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, LP3ES Gazali: Jakarta, 1998




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i6.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats