PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMPN 2 PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui teknik Hands on Mathematics sehingga siswa terlatih untuk berperan aktif dalam mengikuti pelajaran dan dapat menemukan konsep sendiri sehingga mampu memahami materi yang diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus pada kelas VIII B SMPN 2 Pringgarata tahun 2014/2015. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun indikator kinerja tindakannya adalah aktivitas belajar siswa, rata-rata skor, dan ketuntasan minimal. Tindakan dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus sebelumnya, rata-rata skor hasil belajar siswa minimal 60, dan sedikitnya 85% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes memperoleh nilai minimal 60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong kurang aktif sedangkan pada siklus II dan III tergolong aktif, dengan rata-rata skor masing-masing siklus adalah 10,28; 11,93; dan 12,57. Kemudian untuk nilai rata-rata prestasi belajar siswa diperoleh nilai 63,57 dengan ketuntasan 74,29% pada siklus I, nilai rata-rata 66,08 dengan ketuntasan 86,49% pada siklus II, dan nilai rata-rata 69,73 dengan ketuntasan 89,19% pada siklus III. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan CTL melalui teknik Hands on Mathematics meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelasVIII-B SMPN 2 Pringgarata pada pembelajaran materi kubus dan balok tahun ajaran 2014/2015.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Krismanto, M.Sc. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta Depdiknas.
Anonim. 2015. Pembelajaran Kontekstual.
Asyono. 2005. Matematika Kelas IX Untuk SMP & MTS. Bandung: Bumi Aksara.
Clemens, S.R. 1984. Geometry. United States of America: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Dirjen Dikdasmen. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
. 2004. Pembelajaran Matematika 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
. 2004. Matematika, buku 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
. 2005. Matematika, buku 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, S. B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Nasution, N. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pebdidikan Nasional.
Nurkencana, W dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sarjana, K. 2015. Penerapan Model Van Hill Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Geometri Bagi Siswa Kelas IV SDN 40 Cakranegara Tahun Ajaran 2014/2015. Mataram: Anonim.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats