PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI DESTINASI WISATA PANTAI BANGSRING, WONGSOREJO, BANYUWANGI

Nurhalimah Nurhalimah, Kanom Kanom, Prabuditya Bhisma Wisnu Wardhana

Abstract


Pantai Bangsring merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan karena selain banyak menyajikan keindahan pesona wisata, seperti wisata snorkling, area konservasi terumbu karang, rumah apung Bangsring, juga karena harga tiketnya yang sangat terjangkau. Namun pesatnya kunjungan wisatawan ini tidak diiringi dengan adanya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di destinasi wisata Pantai Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui metode observasi, dan wawancara dengan teknik purposive sampling dan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penulis berharap penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di pantai Bangsring menjadi lebih baik karena kunci sukses sebuah kegiatan pariwisata harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan.

Keywords


Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), Destinasi Wisata & Pantai Bangsring

Full Text:

PDF

References


Undang-undang No. 01 tentang Keselamatan Kerja. (1970). Jakarta.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Pedoman Pembinaan K3 Pekerjaan Penyelaman di Dalam Air. (2013). Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi Republik Indonesia.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Modul Pembinaan dan Pengawasan K3 Penanggulangan Kebakaran. (2015). Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Modul Pengawasan Norma K3 Lingkungan Kerja dan Bahan Berbahaya. (2015). Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Modul Pengawasan Norma Kesehatan Kerja. (2015). Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Buntarto. (2015). Panduan Praktis Keselamatan & Kesehatan Kerja untuk Industri. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Dr. Yuliana, d. (2018). Hygiene Sanitasi dan Keselamatan& Kesehatan Kerja Di Bidang Pariwisata dan Operasional Hotel. Jakarta: Kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Kuswana, W. S. (2015). Mencegah Kecelakaan Kerja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats