UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SDN ARJANGKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui keefektifan metode bermain kartu soal terhadap peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika kelas VI SDN Arjangka tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN Arjangka tahun pelajaran 2014/2015 dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika.” Subjek yang diberi tindakan adalah siswa kelas VI SDN Arjangka tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 peserta didik dan terbagi atas 6 kelompok. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk menuliskan soal cerita kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya dibahas secara bersama antara guru dan siswa. Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN Arjangka ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata-rata sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dave Meier. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : Kaifa.
Herry Sukarman. 2003. Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Makmun, A.S. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ngalim Purwanto. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E.T. 1993. Pendidikan Matematika 3 Modu 1 – 5. Jakarta : Universitas Terbuka
Soejadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.
Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Tim Kajian Mutu Pendidikan. 2004. Konsep dasar Teori Pembelajaran. Yogyakarta : LPMP.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats